Home / Ragam / Selamat Jalan Dawam Rahardjo
Dawam Rahardjo (Foto : courtesy Sindonews

Selamat Jalan Dawam Rahardjo

Jakarta, Regional.id-Satu lagi Cendekiawan Muslim kenamaan meninggalkan kita semua. Bung Dawam, demikian sapaan akrabnya, Cendekiawan Muslim yang juga tokoh PP Muhammadiyah, tutup usia pada Rabu (30/5/2018) malam sekitar pukul 21.55 WIB.

Seperti yang dilansir dari Antara, Dawam Rahardjo meninggal dunia pada usia 76 tahun di Rumah Sakit Islam Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Dia dirawat setelah mengalami komplikasi penyakit.

Dawam Rahardjo dikenal sebagai intelektual Muslim yang progresif, sosok aktivis yang kerap bersinggungan dengan banyak orang, ggasannya moderat, dan dikenal sebagai intelektual andal. Diusia senjanya, Dawam masih tercatat sebagai  sebagai anggota Dewan Kehormatan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia periode 2015-2020.

Dia juga pernah memimpin ICMI sebagai ketua pada periode 1995-2000. Tak heran jika Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie pun mengaku kehilangan sosok intelektual andal. “Kita kehilangan satu lagi tokoh panutan di dunia intelektual dan aktivis yang andal untuk kemajuan bangsa,” ucap Jimly, pada Kamis (31/5/2018).

Dawam Rahardjo dikenal sebagai pemikir sosial dan ekonomi yang selalu mengikuti perkembangan terbaru. Dawam juga dikenal sebagai salah satu kontributor dan konseptor dari berdirinya ICMI. Juga dikenal sebagai salah satu tokoh Muhamadiyah dan intelektual Islam yang memiliki gagasan besar hingga saat ini.

Menurut  Ketua PP Muhamadiyah, Abdul Mu’ti, Dawam Rahardjo juga berjasa dalam membidani kelahiran Baitul Mal Wat Tamwil (BMT), pemberdayaan pesantren, dan program lain. Sebagai aktivis Muhammadiyah, Dawam Rahardjo pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Ekonomi PP Muhammadiyah dan Ketua PP Muhammadiyah.

Selamat Jalan Pak Dawam, Semoga amal baiknya diterima di sisi Allah SWT dan diampuni segala dosanya, ditempatkan ditempat terbaik di sisi Allah SWT. Amiin.

About admin

Check Also

STP Trisakti Kembali Populerkan Destinasi Wisata Baru

Komitmen Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti (STP Trisakti) untuk mengangkat pariwisata Indonesia kembali terbukti. Pasalnya, pada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *