Home / Uncategorized / Menjalin Kemitraan Melalui Budaya
Kegiatan Pusat Studi ASEAN LSPR-Jakarta pada Kamis, 26 Juli 2018 yang bertujuan memperkuat kerjasama ASEAN-China melalui kebudayaan.

Menjalin Kemitraan Melalui Budaya

Kegiatan Pusat Studi ASEAN LSPR-Jakarta pada Kamis, 26 Juli 2018 yang bertujuan memperkuat kerjasama ASEAN-China melalui kebudayaan.
REGIONAL.ID-Dalam kerangka ASEAN-China Relationship, Centre For ASEAN Public Relations Studies (CAPRS) yang merupakan Pusat Studi ASEAN di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi LSPR-Jakarta menyambut undangan dari Ambassador China Mission to ASEAN, H.E. Xuang Xilian untuk hadir dalam acara China Mission – LSPR Youth Cultural Gathering di kediaman Ambassador pada Kamis, 26 Juli 2018.

Kegiatan “China Mission – LSPR Youth Cultural Gathering” berjalan sebagai salah satu perwujudan dari pilar masyarakat sosial budaya ASEAN yang mengutamakan bentuk kerja sama yang berorientasi dan berpusat pada masyarakat dengan tujuan untuk memperkuat integrasi ASEAN serta memperkokoh kesadaran, kesetiakawanan, kemitraan dan juga rasa kebersamaan terhadap ASEAN. Mahasiswa/i LSPR berkesempatan membawakan lagu tradisional seperti Bungong Jempa, Butet, Sirih Kuning, serta tarian tradisional seperti tari Zapin dan Renggong Manis di depan para diplomat China Mission to ASEAN, sebagai sarana promosi keberagaman budaya Indonesia yang efektif dan menghibur. Siapa sangka bahwa lagu Butet yang berasal dari Sumatera Utara ternyata cukup populer di China.

Dalam sambutannya, H.E. Xuang Xilian menyampaikan bahwa generasi muda adalah matahari yang cerah dan dinamis bagi negaranya. Generasi muda di masa depan akan menjadi pemimpin yang memperkuat hubungan ASEAN dan China. Pada tahun 2018, pemerintah China baru saja meluncurkan “Tahun Inovasi ASEAN-China” di Beijing pada 12 April 2018 dan berharap dapat meningkatkan kerjasama di bidang-bidang seperti inovasi teknologi dan ekonomi digital.

ASEAN-China sepakat untuk terus memperbarui berbagai kegiatan untuk Tahun Inovasi ASEAN-China, yang mencakup pernyataan bersama tentang sains, teknologi dan inovasi.

Pada tahun 2018 ini juga merupakan peringatan HUT ke-15 Kemitraan Strategis ASEAN-China. Sejak China menjadi mitra strategis ASEAN, dapat dikatakan bahwa China merupakan mitra dagang terbesar ASEAN selama sembilan tahun berturut-turut. Pada 2017, nilai total perdagangan China – ASEAN telah mencapai US$ 514,82 miliar. Sedangkan total perdagangan China ke Indonesia bernilai 63,3 M. Manfaat lain yang dirasakan oleh Indonesia sebagai salah satu negara anggota ASEAN adalah meningkatnya jumlah wisatawan China yang berkunjung ke Indonesia dan banyak mahasiwa Indonesia yang belajar ke China. Di masa yang akan datang, kemitraan strategis China dan ASEAN akan dilanjutkan oleh para generasi muda untuk meningkatkan konektivitas ASEAN, mempersempit kesenjangan pembangunan, dan mendorong kerja sama pembangunan.

London School of Public Relations – Jakarta yang berdiri sejak 1 Juli 1992 adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang menyelenggarakan program sarjana ilmu komunikasi yang terbagi atas enam konsentrasi pilihan yaitu, Public Relations, International Relations, Marketing, Mass Communication, Digital Media Communication & Advertising dan Performing Arts Communication, serta program pasca sarjana yang terbagi menjadi empat konsentrasi yaitu Corporate Communication, Marketing Communication, International Relations Communication dan Mass Media Management. Saat ini LSPR – Jakarta memiliki 17.219 lulusan serta lebih dari 4500 mahasiswa dan mahasiswi aktif.

Data LSPR Career Center menunjukkan tingkat serapan lulusan LSPR-Jakarta di dunia kerja mencapai 75% lulusan. LSPR Career Center selain menyelenggarakan seminar dan pelatihan, menyediakan informasi lowongan pekerjaan, juga membantu menyalurkan para alumni ke bidang pekerjaan yang mereka inginkan baik dalam dan luar negeri. Saat ini tercatat 9.749 alumni untuk program sarjana, 1.075 alumni untuk pasca sarjana dan 6.600 alumni program diploma, total keseluruhan alumni adalah 17.219 orang.

Sejak tahun 2002, LSPR selalu mendapat pengakuan dari Badan Akreditasi Nasional dengan nilai A. Untuk program S1 LSPR telah mendapat pengakuan internasional dari lembaga akreditasi internasional yakni The London Chamber of Commerce and Industry Examination Board (LCCI) United Kingdom dan City and Guilds UK sedangkan untuk Program S2, LSPR menjalin kerjasama dengan Edith Cowan University Australia dan City and Guilds UK.

Centre For ASEAN Public Relation Studies (CAPRS) yang didirikan pada 13 Oktober 2014 merupakan Pusat Studi ASEAN yang berada di London School of Public Relations – Jakarta. CAPRS yang didirikan oleh LSPR Jakarta bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN, Kementerian Luar Negeri, Republik Indonesia. CAPRS memiliki tujuan untuk melakukan pendidikan, penelitian, program pengabdian kepada masyarakat serta publikasi dalam kajian ASEAN untuk memberikan kontribusi yang signifikan bagi pengembangan kerjasama ASEAN. (kormen)

About admin

Check Also

Bank BTN Optimistis Penyaluran Kredit dari Dana Pemerintah Akan Lampaui Target

REGIONAL.ID,  Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk optimistis dapat memenuhi komitmen penyaluran kredit dari dana ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *