Home / Ekonomi & Bisnis / Strategi Hijau Penguasa Pasar Mesin Keramik Indonesia
Juan Antonio Cavilla, Sales Executive Director Worldwide Headquarter SITI B&T (Pertama di sebelah kiri).

Strategi Hijau Penguasa Pasar Mesin Keramik Indonesia

Perusahaan penguasa pasar mesin keramik di Indonesia SITI B&T Group S.p.A berencana menggenjot lagi pangsa pasarnya. Salah satu strategi yang ditonjolkannya adalah dengan menyediakan mesin-mesin manufaktur ubin keramik yang berteknologi hijau. Tidak Cuma ramah lingkungan, namun mesin ini diklaim mampu menghemat kocek perusahaan sampai jutaan euro.

Juan Antonio Cavilla, Sales Executive Director Worldwide Headquarter SITI B&T (Paling kiri).

Sekadar informasi, SITI B&T Group S.p.A sendiri berasal dari Italia dan telah berdiri sejak tahun 1961. Pada tahun 2014, SITI memasuki pasar Indonesia di bawah bendera PT SITI Indonesia. Lini produk mesinnya yang lengkap pun ditawarkan kepada para produsen keramik Tanah Air, dari mesin untuk memproses bahan mentah seperti ball mill dan spray-dryer, mesin dekorasi keramik untuk mencetak gambar digital hingga mesin pengemasan.

Berkat keunggulan kualitas produknya SITI B&T mampu meraih kepercayaan puluhan klien yang menggunakan mesin-mesinnya seperti Satyaraya Keramindo Indah, Mulia Keramik Indah Raya, Platinum Ceramic Industry, Arwana Group, dan masih banyak lagi. “ Saat ini market share kami sekitar 70-75%,” jelas Juan Antonio Cavilla, Sales Executive Director Worldwide Headquarter SITI B&T.

Angka tersebut pun rencananya akan digenjot lagi hingga 7-10% dalam 3-5 tahun ke depan hingga menguasai pasar sampai 80% lebih. Jelas, itu adalah rencana yang ambisius. Meski demikian agresivitas SITI Indonesia ternyata ditunjang strategi yang jernih. Antara lain dengan menonjolkan barisan produk yang berbasis green technology, alias ramah lingkungan.

Teknologi hijau yang diusung SITI diklaim Cavilla mampu mendefinisikan standar baru dalam hal kinerja, keandalan dan produktivitas, dengan mengurangi penggunaan energi dan biaya relevan di seluruh masa pakai mesin. Kiln, dryer dan spray-dryer mengeksploitasi aplikasi green technology mutakhir yang ramah lingkungan sehingga bisa mengurangi konsumsi energi hingga 30%. “Keunggulan mesin kami yang menggunakan green technology mampu menghemat penggunaan gas dalam proses produksi hingga 30%. Penghematan yang dihasilkan pun jelas. Ada klien kami yang menggunakan empat kiln, masing-masingnya mampu menghemat 250 ribu euro, jadi total mampu menghemat satu juta euro dalam proses produksinya menggunakan teknologi kami,” papar Cavilla.

Strategi lain adalah dengan merekrut lebih banyak lagi pekerja-pekerja yang berkualitas untuk mentenagai kantornya di Indonesia yang berlokasi di Cikarang Utara, Jawa Barat. “Karyawan kami di Indonesia sangat berkualitas. Mereka kerap dikirim ke negara lain, Malaysia, Vietnam, Thailand untuk melayani klien kami di sana. Jadi teknisi local di sini sangat kompetitif. Kami pun berencana menambah lagi teknisi dalam 1-2 bulan ke depan. Dengan begitu kami bisa berkembang sesuai rencana,” tegas Cavilla.

Eddy Dwinanto Iskandar

About admin

Check Also

BTN Sebut Posisi Likuiditas Sangat Kuat Dengan LDR Di Bawah 95%

REGIONAL.ID, Jakarta-PT  Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menyebut perseroan mencatatkan posisi likuiditas terkuat ditopang pertumbuhan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *