Home / Ekonomi & Bisnis / Saat Belanja Online Pria Suka Promo Cashback Sementara Wanita Tertarik Hal Ini
Indra Yonathan, Country Head of Shopback Indonesia (istimewa)

Saat Belanja Online Pria Suka Promo Cashback Sementara Wanita Tertarik Hal Ini

Dalam berbelanja online sejumlah factor ternyata menjadi magnet utama bagi warganet untuk membeli beragam produk dan jasa. Seperti yang dipaparkan Indra Yonathan, Country Head of Shopback Indonesia, promo cashback rewards serta loyalty program yang ditawarkan platform e-commerce ternyata banyak memicu keputusan pembelian masyarakat. Yonathan, sapaannya lebih lanjut memaparkan promo diskon atau potongan harga memang selalu menjadi pemikat masyarakat untuk berbelanja, baik di toko offline maupun online. Namun saat ini, rewards cashback perlahan mulai menarik perhatian masyarakat, terutama mereka yang suka berbelanja online. “Data dari Shopback juga menunjukkan bahwa rewards cashback menjadi alasan utama yang mempengaruhi masyarakat Indonesia untuk berbelanja di platform online, diikuti potongan harga di urutan kedua dan promo bebas ongkos kirim di urutan ketiga,” terang Yonathan dalam keterangan persnya hari ini (10/10).

Indra Yonathan, Country Head of Shopback Indonesia (istimewa)

Data Nielsen di 2016 pun menyebutkan bahwa pemberian rewards dalam bentuk cashback menduduki peringkat teratas kebutuhan pasar bagi perusahaan untuk menarik hati pelanggan. Sementara itu, survei yang baru-baru ini dilakukan Shopback, terhadap lebih dari 5.600 responden di lima kota besar di Indonesia yakni Jabodetabek, Bandung, Medan, Surabaya dan Makassar, menunjukkan, diskon/potongan harga menjadi promo yang paling disukai dan dipercaya oleh masyarakat Indonesia dengan persentase 41%, diikuti dengan cashback (37%), buy 1 get 1 (13%), dan hadiah langsung (8%).

Yonathan menambahkan, tidak hanya di platform online, promo cashback hingga 30% juga menjadi promo restoran paling menarik bagi responden dibanding promo buy 1 get 1 dan voucher potongan harga hingga 50% di pembelian selanjutnya. Berdasarkan data survei yang sama, setidaknya 70,2% responden mengaku dalam satu bulan terakhir mereka melakukan transaksi 1-10 kali di platform e-commerce karena tertarik dengan cashback yang diberikan, dan 19,1% melakukan transaksi sebanyak 10-20 kali. “Menariknya lagi, jika dilihat berdasarkan gender, pria lebih tertarik dengan promo rewards cashback, sedangkan wanita lebih tertarik dengan promo diskon,” jelas Yonathan.

Namun dibalik ketertarikan terhadap rewards cashback, ternyata ada beberapa hal yang menjadi kekurangannya di mata responden, yakni: tidak dapat ditarik tunai (52,7%), hanya bisa digunakan untuk pembelanjaan berikutnya di platform yang sama (32%), serta proses verifikasi yang terlalu lama (19,8%).

Tidak hanya e-commerce yang gencar memberikan rewards cashback, beberapa penyedia digital payment di Indonesia pun memanfaatkan cashback untuk menarik minat masyarakat menggunakan layanan mereka. Terbukti, dari survei Shopback lebih dari setengah responden (51,6%) mengaku menggunakan aplikasi digital payment saat ada promo cashback berlangsung. Tercatat ada banyak digital payment di Indonesia, namun berdasarkan hasil survei, GO-PAY dan OVO menjadi aplikasi digital payment yang paling banyak digunakan responden, dengan persentase masing-masing 41,6% dan 29.7%. “Saat ini, baik pelaku e-commerce maupun bisnis digital lain berlomba-lomba untuk memikat hati pengguna menggunakan jasa/layanan mereka. Promo, cashback rewards dinilai sebagai bentuk loyalty program yang dapat menarik pengguna baru serta mempertahan pengguna lama,” ujar Yonathan.

Shopback, sendiri sebagai startup platform gaya hidup mendorong masyarakat untuk berbelanja online dengan bijak dengan memberikan cashback hingga 30% kepada pengguna yang melakukan transaksi pembelanjaan di Shopback. Cashback yang didapat bisa dapat ditransfer ke rekening bank pengguna atau dikonversi menjadi pulsa.

Selain itu, bertepatan dengan Hari Cashback Nasional pada hari ini, 10 Oktober, beberapa platform e-commerce pun turut memberikan beragam nominal cashback dan potongan harga kepada masyarakat Indonesia. Shopback pun mencoba merangkum semua promo cashback tersebut di dalam platform dan aplikasinya. Hal ini guna mempermudah masyarakat mengetahui promo yang sedang berjalan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. “Selain itu, Shopback juga memberikan keuntungan cashback 100% jika melakukan transaksi apapun di aplikasi dan platform Shopback, serta berbagai promo menarik lainnya. Hari Cashback Nasional ini juga merupakan rangkaian ShopFest 2018 yang resmi digelar dari 5 September 2018 hingga 3 Januari 2019,” jelas Yonathan.

Eddy Dwinanto Iskandar

About admin

Check Also

BTN Sebut Posisi Likuiditas Sangat Kuat Dengan LDR Di Bawah 95%

REGIONAL.ID, Jakarta-PT  Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menyebut perseroan mencatatkan posisi likuiditas terkuat ditopang pertumbuhan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *