Home / Ekonomi & Bisnis / Aplikasi HR dengan User Jutaan Orang Resmi Membuat Bubur Merah Putih

Aplikasi HR dengan User Jutaan Orang Resmi Membuat Bubur Merah Putih

Perintis aplikasi HR (human resources) nasional DataOn yang bernaung di bawah PT. Indodev Niaga Internet hari ini (12/12) resmi membuat bubur merah putih alias mengganti nama brand aplikasi HR mereka SunFish Go menjadi  GreatDay HR. Dengan perubahan brand ini, telah didirikan PT. People Intelligence Indonesia (“PII”), yang akan memastikan bahwa GreatDay HR dapat  meningkatkan employee engagement setiap harinya.

Bersamaan dengan terbentuknya brand dan perusahaan baru, GreatDay HR juga mengumumkan adanya kesepakatan investasi awal pre series A senilai 2,5 Juta USD yang diprakarsai oleh investor yang berbasis di Korea Selatan, Otium Ventures, dan juga beberapa investor strategis lainnya yang berasal dari Indonesia dan Thailand.

 

Adapun pada saat peluncuran, GreatDay HR telah memiliki lebih dari 120.000 pengguna di 80 perusahaan di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina.“GreatDay HR adalah pelopor dalam solusi aplikasi  mobile HR yang berfokus pada karyawan. Dengan brand dan perusahaan baru ini, kami harap akan semakin meningkatkan fokus kami dalam membantu perusahaan terlibat dengan karyawan dan mendukung karyawan untuk memperoleh hasil kerja yang terbaik setiap hari. Saya yakin bahwa nama baru kami mencerminkan nilai tertinggi yang dapat kami berikan kepada klien kami – a Great Day,” jelas Gordon Enns, Pendiri dan CEO DataOn dan GreatDay.

 

Didirikan oleh PT. Indodev Niaga Internet pada tahun 1999, solusi SunFish HR DataOn telah mendukung lebih dari 1,2 juta karyawan di lebih dari 2.000 perusahaan di 35 negara. GreatDay sendiri saat ini berbasis di Singapura sebagai Publica Holding Pte. Ltd dan Indonesia sebagai PT. People Intellegence Indonesia.

 

Saat ini GreatDay HR adalah aplikasi mobile karyawan yang selain bisa berintegrasi dengan SunFish HR, juga merupakan aplikasi mobile yang dapat berfungsi sendiri. Solusi ini bisa membantu perusahaan kecil hingga menengah tanpa memerlukan sistem manajemen sumber daya manusia (HR systems) lainnya. Nantinya GreatDay HR akan dapat menyediakan fungsi sebagai aplikasi mobile untuk solusi penting sumber daya manusia tambahan bagi vendor lainnya. “Dewasa ini, aplikasi mobile telah menjadi cara yang umum digunakan untuk berinteraksi dengan sebagian besar aplikasi software lainnya. Namun demikian, sistem bisnis cenderung lambat berevolusi, sehingga masih banyak karyawan berinteraksi dengan sistem bisnis yang berteknologi kuno. Dengan GreatDay, kami memulai dari awal lagi untuk mengembangkan solusi Sumber Daya Manusia yang mengikuti kemajuan dunia mobile saat ini, ” tambah Enns.

 

Dengan GreatDay, karyawan dapat dengan mudah mengelola data sumber daya manusia mereka, melaporkan kehadiran, mengajukan cuti, melihat slip gaji, mengajukan klaim penggantian biaya dan hal-hal yang berkaitan dengan sumber daya manusia. Semua pengguna menerima informasi termasuk permintaan yang membutuhkan persetujuan mereka, pengumuman perusahaan, pengingat tentang status kehadiran mereka atau status karyawan mereka dan juga posting media sosial secara internal.

 

GreatDay mendukung sistem operasional HR yang juga sudah dilengkapi dengan direktori perusahaan dan penjadwalan bersama; selain itu juga bisa memposting media dan mengikuti posting orang lain di perusahaan tersebut.

 

Enns melanjutkan, menciptakan keterlibatan karyawan merupakan tantangan yang berkelanjutan bagi banyak perusahaan. Karyawan yang terlibat aktif dan menikmati waktu mereka di tempat kerja, umumnya memiliki prospek karir yang lebih baik dan tentunya menambah nilai lebih bagi perusahaan. “Dengan GreatDay, kami memiliki misi dalam mempromosikan keterlibatan karyawan dengan perusahaan. Setelah berpengalaman dalam mengembangkan dan menerapkan solusi HR selama 20 tahun di lebih dari 2000 perusahaan Asia, kami tahu bahwa keterlibatan karyawan berawal dari komunikasi,” urai Enns.

 

Dalam mendukung komunikasi yang lebih baik, berbagai konsep media sosial terintegrasi di dalam GreatDay. Pengelolaan tugas, penelusuran aktivitas, dan umpan-balik berkelanjutan yang memungkinkan komunikasi menjadi lebih terstruktur, dan menghasilkan data yang dapat diakumulasi menjadi  sebuah dasar untuk social performance management.

 

Fitur GreatDay diluncurkan untuk mendorong karyawan dalam berbagi atau memposting hal hebat yang sudah mereka lakukan setiap harinya. Posting ini dibagikan kepada seluruh ‘followers’, termasuk tim kerja mereka, dan dapat memperoleh ‘like’ pada setiap postingan. ‘like’ tersebut dapat menambah poin untuk penilaian profil karyawan terbaik dan perusahaan dapat memberikan reward atas kontribusi mereka. Nantinya poin dan gamification (penerapan aturan main pada aktifitas untuk mendorong keterlibatan dengan produk atau layanan) tersebut dapat menunjang kontribusi/penggunaan konten micro-learning, penelurusan tugas, berbagi media sosial, dan interaksi lainnya.

 

Ben Ho, COO GreatDay menyampaikan “Hasil survei dan pertemuan kami dengan para pengguna menjelaskan bahwa kekhawatiran terbesar mereka saat ini adalah keamanan finansial dan pengembangan karir mereka. Melalui GreatDay, kami berfokus untuk membantu karyawan dalam memecahkan masalah tersebut. Contohnya, kami telah merancang pengelolaan GreatDay employee benefits untuk membantu perusahaan dari berbagai skala dalam memberikan manfaat lebih kepada karyawan tanpa biaya tambahan. Melalui program kerjasama dengan mitra keuangan, kami dapat menawarkan opsi yang lebih baik kepada karyawan seperti asuransi, pinjaman berbiaya rendah, dan pilihan investasi yang lebih menguntungkan,” ungkap Ho.

 

Penyedia jasa keuangan pun dapat terhubung ke GreatDay untuk mengotomatisasi proses pengajuan terhadap produk mereka dan mengklasifikasikan penawaran dengan lebih baik. Hal ini mengurangi proses KYC (Know Your Customer) yang tinggi, biaya inisiasi penjualan produk, dan frekuensi pengajuan yang ditolak. Karyawan juga dapat mengikutsertakan pembayaran atas produk yang mereka gunakan dengan transfer gaji secara otomatis melalui system ini. Penghematan ini memungkinkan mitra penyedia jasa keuangan untuk menawarkan produk yang lebih baik kepada pengguna GreatDay. Pelanggan GreatDay tidak perlu menerima kewajiban apa pun, tanpa membagikan data apa pun, dan bahkan tanpa melakukan tugas tambahan ketika mengaktifkan manfaat ini. Perlindungan privasi tetap menjadi perhatian utama; karyawan hanya perlu menyediakan data yang umumnya juga akan dicantumkan ke dalam formulir pengajuan produk sejenis dan melalui peninjauan dan persetujuan karyawan, maka data tersebut dikirimkan kepada penyedia keuangan.

 

Di kemudian hari, secara berkesinambungan GreatDay akan secara aktif menambahkan fitur dan integrasi yang berkontribusi dalam meningkatkan employee engagement, serta memperluas konsep tersebut agar bisa dimanfaatkan oleh karyawan di semua jenis perusahaan,” tegas Enns.

Eddy Dwinanto Iskandar

About admin

Check Also

Radana Finance Sukses Perkuat Permodalan Seraya Pancangkan Reposisi Bisnis di 2020

PT Radana Bhaskara Finance Tbk. (IDX:HDFA) sebagai perusahaan pembiayaan terkemuka menggelar paparan publik (Public Expose) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *