Home / Ragam / Seruan Persatuan Indonesia dari Trisakti
Harry Tjan Silalahi (kiri

Seruan Persatuan Indonesia dari Trisakti

Kontestasi Pemilihan Presiden 2019 di Indonesia memang membawa konsekuensi yang besar. Saban hari bisa disaksikan perselisihan masyarakat di berbagai tempat dari antar tetangga, warung kopi bahkan terlebih di dunia maya. Potensi perpecahan memang sudah nyata adanya. Menanggapi hal tersebut Harry Tjan Silalahi yang menjabat sebagai Ketua Pembina Yayasan Trisakti  dalam ceramah umum di Institut Transportasi dan Logistik Trisakti menyerukan semangat persatuan Indonesia. ” Karena itu kita harus memiliki wawasan kebangsaan dan rasa cinta Indonesia, agar persatuan terus terjaga,” ujar Harry Tjan Silalahi dalam acara Ceramah Umum di kampus ITL Trisakti Jl. IPN Kebon Nanas, Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (17/12).

Harry Tjan Silalahi (kiri) tengah memberi Ceramah Umum di ITL Trisakti pagi ini (17/12).

Ceramah Umum yang dibawakan Harry bertema  Tinjauan Perspektif Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia Sebagai Bekal Untuk Membangun Wawasan Kebangsaan NKRI Bagi Segenap Sivitas Akademika ITL Trisakti yang membahas konsep dan wawasan kebangsaan dari masa ke masa.

Harry yang sekaligus mantan aktivis mahasiswa angkatan 66 ini pun menyebut bahwa bangsa Indonesia harus tetap menjaga persatuan sebelum dan sesudah Pilpres 2019 berlangsung. “Karena nanti dalam Pilpres yang menang adalah Indonesia,”ujarnya yang disambut tepuk tangan hadirin.

Adapun Ketua Yayasan Intitut Transformasi dan Logistik Trisakti Mayjen (Purn) Dr TNI Budi Prakoso turut menyerukan tataran nilai yang sama soal wawasan kebangsaan. “Kita mau menuju ke manapun harus mempertahankan wawasan kebangsaan. Harus bela negara ini. NKRI harga mati,” kata Budi saat membuka acara Ceramah Umum.

Terakhir, Harry menegaskan agar mahasiswa ITL Trisakti dapat hadir menjawab tantangan global.  “Masalah transportasi adalah panggilan globalisasi. Karena itu ITL harus menjawab globalisasi ini,” tegas Harry.

Sementara itu Rektor ITL Trisakti Tjuk Sukardiman menerangkan, acara ceramah umum tersebut merupakan bagian dari rangkaian tiga acara penting yang dimulai dari pagi hingga sore hari ini. Diawali dengan Apel Siaga segenap sivitas akademika, Ceramah Umum Wawasan Kebangsaan yang dibawakan Harry Tjan Silalahi dan terakhir Seminar Transformational Leadership from Good to Great. “Ketiga event ini saling terkait untuk menatap kedepan oleh sivitas akademika ITL Trisakti . Dalam situasi apapun kita harus maju dan aman damai. Karena itu lulusan ITL Trisakti harus memiliki wawasan kebangsaan dan transformational leadership. Jadi orang tua menitipkan anaknya di ITL Trisakti agar menjadi sosok pribadi yang tangguh dan trengginas, berwawasan kebangsaan dan memiliki perilaku transformasional,” jelas Sukardiman.

Eddy Dwinanto Iskandar

About admin

Check Also

Waves Token Resmi Diperdagangkan di Tokocrypto

Tokocrypto, pedagang aset kripto teregulasi di Indonesia resmi memperdagangkan token Waves (WAVES).  “Kami menyadari bahwa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *