Home / Hukum / Menyoal Status Nikah Terlarang Anggota Dewan Kalteng yang Berlanjut ke Polisi

Menyoal Status Nikah Terlarang Anggota Dewan Kalteng yang Berlanjut ke Polisi


Kuasa Hukum VM, Jusuf S Timisela

REGIONAL.ID, PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) berinisial EL diduga menikah dengan pria yang masih sah berstatus suami orang. Srikandi yang disebut sebut dari Komisi C itu mengikat janji suci dengan pengusaha kelahiran Banjarmasin berinisial RT, pada Senin 14 Mei 2018.

Pernikahan tersebut dilangsungkan di Gereja Bethel Indonesia Nafiri Palangka Raya, oleh Pdt Christian-Joe. Mereka juga melangsungkan perkawinan adat pada 18 November 2018 silam.

Sebelum mengikat janji suci, ada tiga poin tertuang dalam surat pernyataan yang dibuat oleh RT di atas materai 6.000, pada 10 Mei 2018. Pertama, tidak ada ikatan dengan siapa pun. Kedua, perkawinan dengan istri sebelumnya sudah cerai. Terakhir, pernyataan itu dibuat sadar dan tanpa paksaan.

Hal itulah yang membuat geram istri sah dari RT berinisial VM dan terbang dari Jakarta dengan didampingi pengacaranya Jusuf S Timisela, melaporkan skandal tersebut ke Polda Kalteng, Rabu (8/1).  Mereka melaporkan tentang peristiwa dugaan pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 279 KUHP. sehingga tak mau dianggap bohong, VM menunjukkan bukti pernikahannya dengan RT yang terlaksana pada tahun 1993. Masih sah. Belum bercerai.

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi  Rabu  (16/01/2018), Jusuf S Timisela, mengatakan,  tak mau dianggap bohong, VM menunjukkan bukti pernikahannya dengan RT yang terlaksana pada tahun 1993. Masih sah. Belum bercerai. “Nikah dengan EL tidak izin dengan istri sahnya. Bahkan RT dan VM belum bercerai,”ujarnya.

Jusuf S Timisela, menjelaskan, skandal pernikahan terlarang ini pada medio akhir tahun lalu. Tetapi, kliennya sudah mencium gelagat aneh pada suaminya sejak empat sampai lima tahun sebelumnya. Di mana, VM mendapat kiriman foto dari sahabatnya. Foto yang terlihat suaminya sedang mengenakan baju adat warna merah, berdampingan dengan seorang wanita. Memegang secarik kertas. Mengucapkan janji di hadapan mantir adat.

“Setelah mendapat foto itu, klien saya, mencari tahu. Lalu saya menemukan surat pernikahan secara adat dan gereja,”ujar

Pdt Christian-Joe dari Gereja Bethel Indonesia Nafiri Palangka Raya, sebagai dilansir dari lama Kalteng Pos (11/01/2019), tak menampik telah menikahkan RT dan EL pada 14 Mei 2018 silam. Sebelum itu, dirinya tidak mengetahui jika RT masih mempunyai istri sah. Pasalnya, dalam surat pernyataan yang diterimanya, statusnya sudah duda.

Alasan lain yang membuatnya mengukuhkan mereka dalam ikatan perkawinan ketika itu, karena mereka sudah hidup bersama-sama sekitar lima tahun. Tanpa ikatan.  “Saya hanya meluruskan mereka, biar tidak ada perzinaan,” tegasnya seraya menyampaikan bahwa RT siap menerima konsekuensinya jika ada kebohongan dalam surat pernyataan mengenai statusnya. (Men)

 

About admin

Check Also

DPR DESAK PEMERINTAH KOTA BEKASI TINDAK TEGAS 19 PERUSAHAAN YANG TERINDIKASI JADI SUMBER PENCEMARAN KALI BEKASI

REGIONAL.ID, JAKARTA-Anggota Komisi V DPR RI, Hj Intan Fauzi, SH, LL.M mendesak pemerintah Kota Bekasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *