Home / Ragam / ITL Trisakti Siap Sambut Disrupsi Teknologi 4.0

ITL Trisakti Siap Sambut Disrupsi Teknologi 4.0

Perkembangan industry kini telah mencapai teknologi 4.0 ketika system automasi berintegrasi dengan system siber-fisik. Industri transportasi dan logistic pun diprediksi akan turut terdampak oleh disrupsi anyar terseut. Demikian dipaparkan oleh Tjuk Sukardiman, Rektor Institut Transportasi dan Logistik Trisakti di sela-sela acara ceramah umum Pengaruh Technology Disruption 4.0 terhadap Penyelenggaraan Transportasi dan Logistik yang digelar di kampus Trisakti Jalan IPN Kebon Nanas Jakarta Timur, beberapa waktu lalu. “Perubahan itu adalah keniscayaan dan berdampak juga pada industry transportasi dan logistic. Karena itu dalam perkuliahan di ITL Trisakti kami berusaha untuk mengintegrasikan teknologi 4.0 sehinga ITL Trisakti diharapkan bisa memberikan kuliah yang terintegrasi dengan perkembangan industri,” papar Tjuk di kampus ITL Trisakti.

Ceramah Umum di ITL Trisakti

Itu sebabnya ITL Trisaktu menggelar acara ceramah umum yang merupakan acara pertemuan dosen paripurna ITL Trisakti untuk menyambut Tahun Ajaran 2018-2019. Tjuk melanjutkan, acara Ceramah Umum tersebut diisi dengan tiga tema materi.

Pertama, mengenai perubahan yang terjadi akibat technology disruption 4.0 terhadap pengelolaan dan penyelenggaraan transportasi dan logistic dan bagaimana konsekuensi perguruna tinggi harus berubah menanggapi perubahan itu.  Sesi kedua, siang, berbicara mengenai transformational leadership dan manajemen. “Jadi perlu dibentuk SDM unggul yang berkarakter pancasila berwawasan kebangsaan, berkompetensi transformasional bereputasi global dalam rangka merespon perubahan dalam menuju tujuan ITL ke depan dalam terwujudnya suatu institute transportasi kelas dunia berbasis penelitian dan merupakan pusat unggulan studi transport dan logistic yang bereputasi global,” jelas Tjuk.

Lalu terakhir di sore hari adalah sesi pemaparan bagaimana strategi penyelenggaraan akademik yang sesuai dengan perubahan tadi yang telah membentuk SDMnya untuk menjalankan strateginya ke depannya.

Tjuk sendiri berharap proses transisi dari berbagai proses perubahan di ITL Trisakti sudah dapat terlihat pada tahun akademik 2018-2019. Selanjutnya di tahun 2019-2020 harus sudah dimulai dengan bentuknya adalah suatu proses pembelajaran dan pelatihan tentang Transformational Leadership dan Management. “Jadi harus terlaksana proses pembelajaran dan pelatihan tentang transformational leadership ITL Trisakti yang diberi kode 97531 itu harus mulai diterapkan tahun akademik yang akan datang,” tegas Tjuk.

Eddy Dwinanto Iskandar

About admin

Check Also

BCA Membidik Pasar Komunitas Outdoor Adventure

Jakarta, Regional.id-Seiring dengan slogan “Senantiasa di Sisi Anda”, BCA kali ini bekerja-sama  dengan Indonesia Internasional ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *