Home / Ekonomi & Bisnis / KEK Tanjung Kelayang Potensial Dongkrak PAD 300 Persen

KEK Tanjung Kelayang Potensial Dongkrak PAD 300 Persen

Tanjung Kelayang, regional.id-Presiden Joko Widodo  (Jokowi)  mengatakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)  Pariwisata Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, telah meningkatkan Penerimaan Asli Daerah (PAD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sampai dengan 300 persen.

“Kami harapkan betul ekonomi bisa tumbuh. Tadi Pak Gubernur menyampaikan setelah ada Tanjung Kelayang itu PAD tambah, naik 300 persen. Ini dampak dari pariwisata itu kelihatan sekali,” kata Jokowi di Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, seperri yang dirilis CNNIndonesia.com, Kamis (14/3).

Secara simbolik Jokowi meresmikan KEK Tanjung Kelayang dengan menandatangani prasasti. Peresmian KEK Tanjung Kelayang juga berbarengan dengan peresmian terminal baru Bandara Depati Amir.

Jokowi melanjutkan sampai saat sudah banyak investor yang tertarik menanamkan modal di KEK Tanjung Kelayang. Ia menargetkan investasi di kawasan khusus sektor pariwisata itu bisa mencapai Rp9 triliun.

Mantan wali kota Solo itu menyebut, investor tersebut antara lain dari Sehraton Hotel dan Sofitel Hotel. Untuk Sheraton, hotel sudah mulai dibangun. Sementara Sofitel Hotel and Resort baru akan masuk di kawasan tersebut.

“Ini tinggal proses administratif sedikit-sedikit saja, tapi yang sudah bangun itu Sheraton,” ujar Jokowi.

Jokowi berharap selain di Tanjung Kelayang, investasi akan masuk di dua KEK Pariwisata lainnya; Tanjung Gunung dan Sungai Liat yang terletak di Pulau Bangka. Menurut Jokowi, pembangunan dua kawasan tersebut masih dalam proses karena terkendala pembebasan lahan.

“Nanti selesai nanti akan langsung kami tanda tangani secepat-cepatnya. Karena peminat investasi yang ke sana sudah ada,” katanya.

Tanjung Kelayang, Belitung ditetapkan menjadi kawasan ekonomi khusus pariwisata berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 6 Tahun 2016 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Kelayang. KEK tersebut dibuat untuk mempercepat pembangunan perekonomian di Belitung.

About admin

Check Also

Sambut Pertumbuhan Ekonomi KALTARA, BTN Buka Kantor Cabang di Tarakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *