Home / Ragam / Laju ITL Trisakti Menuju World Class Institute

Laju ITL Trisakti Menuju World Class Institute

Saat ini perubahan besar di lanskap teknologi tengah terjadi, termasuk di lingkup industry logistic dan transportasi. Tentunya pihak yang tidak beradaptasi akan mati tergilas perubahan. Institut Transportasi dan Logistik Trisakti yang dipimpin oleh Rektor Tjuk Sukardiman pun menyadari betul kondisi tersebut. Karena itu ITL Trisakti sudah menyiapkan pembelajaran digital sebagai sarana untuk beradaptasi dengan perubahan zaman. “Teknologi yang berkembang cepat adalah revolusi industri 4.0 yang mana dikatakan the innovation of information technology. Kita pun harus menyesuaikan dengan fenomena baru karena ITL Trisakti sudah bertekad mewujudkan institusi kelas global dan unggulan. Salah satunya dengan melakukan pembelajaran digital kepada generasi milenial. Dalam pembelajaran harus menekankan pembelajaran industri 4.0,” papar Tjuk di kampusnya Jl. IPN Kebon Nanas, Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (11/4).

Di sisi lain ITL Trisakti sudah menyiapkan peralihan dari disrupsi teknologi 4.0 ke society 5.0. Salah satunya melalui Dies Natalis ITL Trisakti pada 1 April 2019 yang memantapkan tekad untuk menyongsong society 5.0. “Ke depan kita tidak hanya mengandalkan intelektual tapi sekaligus spiritual,” terang Tjuk.

Menurut Tjuk, di ITL Trisakti telah ditekankan konsep ITL Transformational Leadership 97531. Yang di antaranya terdiri dari 9 kode etik, dan memiliki triple three of conduct. Tiga pertama adalah integritas, tiga yang kedua adalah share, care dan fair. Tahapan yang ketiga adalah inovatif, kreatif dan produktif. “Jadi kita harus membentuk SDM transformasional. Membentuk kemajuan dengan cara pertama membangun institusi. Kedua, mempertahankan dan mengembangkan program studi. Ketiga, mempertahankan standard. Keempat, menjaga reputasi kampus. Kelima, promosi di semua lini baik dalam maupun luar negeri. Keenam kita harus melakukan kolaborasi, memiliki tata laksana dalam melakukan kebijakan strategis,” ujar Tjuk.

Semua strategi tersebut menuju satu tujuan terbentuknya ITL Trisakti sebagai world class institute berbasis penelitian dan research based dengan metode pembelajaran digital yang melayani mahasiswa milenial.  Untuk mencapai tujuan tersebut rektorat ITL Trisakti pun telah menyiapkan pedoman pembelajaran dan pelatihan TLM 97531. “Kita sudah membeli server untuk mengimplementasikan e-learning dan tengah menyiapkan perancangan berbagai modul pembelajaran.  Kita sudah sign agreement dengan CEO Binus. Implementasinya ditargetkan pada tahun ajaran 2019-2020,” jelas Tjuk.

Bahkan dengan e-learning ini tak menutup kemungkinan ITL Trisakti akan membuka pembelajaran jarak jauh ke depannya. “Adapun target saat ini kami sedang menyiapkan pembelajaran agar dosen terbiasa dengan digitalisasi,” urai Tjuk.

Adapun berbagai perkembangan lainnya yakni ITL Trisakti tengah membangun berbagai fasilitas untuk Unit Kegiatan Mahasiswa, dan membangun gedung 5 lantai untuk menampung 6 laboratorium baru untuk fakultas barunya, yakni fakultas sistem dan fakultas teknik transportasi. Keenam lab itu nantinya akan mampu melakukan berbagai pengujian seperti tes beton, tes hidrolika dan tes tanah.

Eddy Dwinanto Iskandar

 

About admin

Check Also

Yohanes Don Bosco Doho, Doktor Pertama dari Kedaluan Rembong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *