Home / Ekonomi & Bisnis / Perusahaan Asal Malaysia Sukses Jadi Raja Hosting di Indonesia

Perusahaan Asal Malaysia Sukses Jadi Raja Hosting di Indonesia

Di era digital saat ini, perusahaan penyedia jasa layanan hosting web tumbuh subur, termasuk di Indonesia. Meski demikian dari sekian pemain, akhirnya muncul satu nama yang menjadi pemain terbesar jasa hosting di Indonesia. Dia adalah Exabytes Capital Group yang cikal bakalnya berasal dari Malaysia. Berkat langkah Exabytes mengakuisisi PT Master Web Network (MWN) yang berbasis di Indonesia termasuk juga anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya yaitu PT Cyberdata Technology dan PT Registrasi Nama Domain, perusahaan yang didirikan oleh Kee Siak Chan, warga Malaysia, sukses menjadi penyedia jasa hosting terbesar di Indonesia dengan lebih dari 50.000 pelanggan aktif.

Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia (paling kiri),dan Kee Siak Chan, pendiri dan CEO Exabytes Group (tengah- berbatik coklat) berfoto bersama usai mengakuisisi Master Web Network (istimewa).

Akuisisi ini sendiri dilakukan melalui perusahaan special purpose vehicle (SPV) Exabytes yang disebut Masterweb International Pte. Ltd. “MWN adalah perusahaan kedua yang dimiliki oleh Exabytes di Indonesia setelah membentuk PT Exabytes Network Indonesia pada tahun 2017,” ujar Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia dalam keterangannya kepada Regional.id kemarin (18/04).

MWN sendiri didirikan pada tahun 1998 dengan berfokus pada penyediaan layanan hosting situs web dan layanan lainnya termasuk Nama Domain, Hosting Cloud, VPS dan Managed Server. Hingga pada tahun 2019, MWN merupakan perusahaan hosting terbaik dilihat dari jumlah pelanggan dan peringkat yang diterbitkan oleh HostAdvice, pusat informasi hosting web terkenal. MWN memiliki Cyberdata Technology yang merupakan pusat data dan penyedia layanan co-location serta Registrasi Nama Domain yang fokus menawarkan pendaftaran domain.

Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia mengatakan bahwa layanan perusahaan ini adalah untuk membantu usaha kecil dan menengah (UKM) dalam mengembangkan bisnis mereka secara online.  “Kami telah melakukan ini di Indonesia sejak 2017 dengan menawarkan layanan hosting dan cloud premium. Seiring pertumbuhan kami, kami juga ingin menambahkan hosting berbiaya rendah sehingga kami dapat melayani lebih banyak pelanggan di negara berpenduduk lebih dari 200 juta orang ini,” papar Indra.

Indra menambahkan, Exabytes melihat potensi Master Web Network yang memiliki lebih dari 50.000 pelanggan aktif berbayar yang dapat menjadi tambahan yang baik untuk grup perusahaannya.  “Dengan itu, Exabytes Group secara total saat ini melayani lebih dari 120.000 perusahaan aktif. Kami juga akan mencari sumber daya investasi lain seperti teknologi, otomasi, dan pelatihan bakat ke internal MWN untuk membantu mempercepat bisnis dan terus meningkatkan penawaran layanannya di Indonesia,” paparnya.

Dhiar Lukito Adhi, Pendiri PT Master Web Network mendukung aksi korporasi dari Exabytes ini. Menurutnya, akuisisi ini sangat penting untuk pertumbuhan UKM di Indonesia.  “Kami terkesan dengan pendekatan Exabytes untuk membantu UKM mengembangkan bisnis mereka secara online. Dengan sumber daya para ekspertis dan tim profesional yang dimiliki, menjadi kunci bagi bisnis kami untuk terus berupaya menangkap basis pelanggan yang lebih besar dari pengusaha lokal di Indonesia,” jelas Dhiar.

Indra melanjutkan, pihaknya masih terus mencari peluang ekspansi baru. “Indonesia adalah negara kedua setelah Malaysia di mana Exabytes memiliki posisi yang kuat dan sekarang kami meningkatkan jejak pasar di Indonesia. Sebagai bagian dari strategi pertumbuhan kami, kami terus mencermati kemunculan ekonomi digital di Asia Tenggara, untuk menemukan potensi ekspansi baru, ” tutup Indra.

Eddy Dwinanto Iskandar

About admin

Check Also

Isuzu Disiplin Ikuti Sertifikasi Uji Tipe Termasuk Pemasok Karoserinya

Sertifikat Uji Tipe (SUT) atau Sertifikasi Registrasi Uji Tipe Kendaraan Bermotor (SRUT) adalah salah satu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *