Home / Ragam / ITL Trisakti Gencar Mendidik Mahasiswa Berpikir Inovatif dan Transformasional

ITL Trisakti Gencar Mendidik Mahasiswa Berpikir Inovatif dan Transformasional

Innovate or die. Mantra bisnis yang dipopulerkan oleh guru manajemen modern Peter Drucker itu memang terbukti menjadi kunci sukses berbagai perusahaan. Tanpa inovasi bisa dipastikan organisasi baik bisnis, sosial maupun pemerintahan tinggal menghitung waktu menanti ajal. Konsep tersebut pun dipahami betul oleh Tjuk Sukardiman, Rektor Institut Transportasi dan Logistik Trisakti (ITL Trisakti). Itu sebabnya dalam proses pendidikannya, ITL Trisakti selalu mengedepankan paradigma inovasi kepada para mahasiswanya.

Tak cuma sekadar inovasi belaka, namun inovasi yang transformasional, membawa perubahan besar yang bermanfaat bagi khalayak luas. “Itu adalah visi kita. Mendidik generasi inovatif transformasional. Sesuai visi ITL Trisakti menjadi world class research based institute and center of excellence untuk program studi transportasi dan logistik dengan metode pembelajaran digital yang bereputasi global guna melayani generasi milenial,” papar Tjuk Sukardiman kepada Regional.id di kampusnya Jalan IPN Kebon Nanas, Jatinegara, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

Ketua STMT Trisakti (Sekarang ITL Trisakti) di pertemuan para Rektor Se-Indonesia di Bali, pada 26 September 2017 diminta menjelaskan tentang Prodi Logistik berbasis STEM oleh Presiden Joko Widodo. Presiden Jokowi pun mengapresiasi STMT TRISAKTI (ITL Trisakti) karena mendasarkan Prodinya pada STEM (istimewa).

Visi itu pun diimplementasikan ke dalam tiga fakultas ITL Trisakti, Fakultas Manajemen dan Bisnis, Fakultas Teknik Transportasi, dan Fakultas Sistem Transportasi. Lebih lanjut Tjuk memaparkan, setiap fakultas tentunya memiliki orientasi masing-masing. “Seperti fakultas Manajemen dan Bisnis berorientasi pada efisiensi, contohnya pada faktor utilitas, load factor,  beban publik, seberapa besar biaya publik membangun. efektivitas kemudahan dapat transportasi, lalu kualitas tentang safety, punctuality, comfortability, regularly, affordability. Sehingga masyarakat dalam memakai jasa transportasi harus dipadukan antara efisiensi dan efektivitas,” urai Tjuk.

Para mahasiswa ITL Trisakti pun akan dilengkapi proses pembelajarannya dengan e-learning yang rencananya akan diimplementasikan pada tahun ini juga. “Kami memahami bahwa perkembangan teknologi informasi berlangsung cepat dan pesat terlebih adanya cloud data yang kerap disebut big data. Oleh karena itu perspektif pertama yang harus dicermati adalah perkembangan teknologi. Karena itu ITL trisakti berkomitmen dalam memberikan pendidikan ekonomi digital. Untuk big data kami bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik,” ungkap Tjuk.

Pun demikian, ITL Trisakti tetap menanamkan aspek kebangsaan kepada para mahasiswanya agar mereka menjadi lulusan yang cinta Negara dan Tanah Airnya. “Keberadaan ITL Trisakti ada di NKRI. Dengan demikian mereka harus memahami Pancasila karena kami memberikan penididikan kebangsaan bekerja sama dengan LEMHANAS dan IKA LEMHANAS,” urai Tjuk.

Dengan demikian maka lengkap sudah tiga elemen utama dipadukan ITL Trisakti dalam kurikulum akademiknya, yakni perkembangan teknologi digital, nasionalisme sebagai anggota bangsa dan negara berwawasan kebangsaan dan pengetahuan internasional untuk menjadikan mahasiswa ITL Trisakti sebagai insan transformasional yang berwawasan global.  “Plus ITL Trisakti adalah kampus yang berbasis STEM, yakni Science, Technology, Engineering and Math. Bahkan karena STEM kami mendapatkan apresiasi dari Presiden Joko Widodo langsung saat pertemuan dengan para Rektor se-Indonesia di Bali pada 26 September 2017. Saat itu Presiden Joko Widodo bertanya, kampus mana yang berbasis STEM. Saya langsung maju dan memaparkan bahwa ITL Trisakti berbasis STEM lengkap dengan datanya. Tak dinyana kami mendapat apresiasi berupa sepeda dari Presiden Joko Widodo, hahaha,” jelas Tjuk semringah.

Tjuk Sukardiman, Ketua STMT Trisakti (sekarang Rektor ITL Trisakti) berfoto dengan hadiah sepeda dari Presiden Jokowi (istimewa).

Dengan penghargaan tersebut Tjuk mengaku ITL Trisakti semakin bersemangat untuk mencetak insan SDM transportasi dan logistic yang berjiwa inovatif, transformasional dan berwawasan global.

Eddy Dwinanto Iskandar

About admin

Check Also

BCA Membidik Pasar Komunitas Outdoor Adventure

Jakarta, Regional.id-Seiring dengan slogan “Senantiasa di Sisi Anda”, BCA kali ini bekerja-sama  dengan Indonesia Internasional ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *