Home / Ekonomi & Bisnis / Isuzu Disiplin Ikuti Sertifikasi Uji Tipe Termasuk Pemasok Karoserinya
Dewanto Purnacandra, Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Indonesia, Kementerian Perhubungan RI (berjaket hitam) dan Keiji Takeda, Wapresdir IAMI (berjas putih) dalam acara Ngabuburit Bareng Kemenhub dan Isuzu, yang diadakan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) di Restoran Tugu Kunstkring Paleis, Jalan Teuku Umar No.1, Menteng, Jakpus (21/05).

Isuzu Disiplin Ikuti Sertifikasi Uji Tipe Termasuk Pemasok Karoserinya

Sertifikat Uji Tipe (SUT) atau Sertifikasi Registrasi Uji Tipe Kendaraan Bermotor (SRUT) adalah salah satu cara Kementerian Perhubungan mengatur Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. “Hal tersebut merupakan bagian dari sistem transportasi nasional yang harus dikembangkan potensinya juga perannya untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas dan Angkutan Jalan dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi dan pengembangan wilayah. Oleh sebab itu, Kementerian Perhubungan melakukan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor, dengan pelaksanaan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor,” ujar Dewanto Purnacandra Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Indonesia, Kementerian Perhubungan RI dalam acara Ngabuburit Bareng Kemenhub dan Isuzu, yang diadakan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) di Restoran Tugu Kunstkring Paleis, Jalan Teuku Umar No.1, Menteng, Jakpus (21/05).

Dewanto Purnacandra, Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Indonesia, Kementerian Perhubungan RI (berjaket hitam) dan Keiji Takeda, Wapresdir IAMI (berjas putih) dalam acara Ngabuburit Bareng Kemenhub dan Isuzu, yang diadakan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) di Restoran Tugu Kunstkring Paleis, Jalan Teuku Umar No.1, Menteng, Jakpus (21/05).

Wapresdir IAMI Keiji Takeda menjelaskan, acara yang bertajuk Sertifikasi Registrasi Uji Tipe (SRUT) Online dan Usaha Menjaga Kualitas Industri Kendaraan Niaga itu digelar untuk membahas proses produsen kendaraan dalam mendapatkan legalitas produknya. “Isuzu berharap acara ini akan bermanfaat untuk kita dan menjadi langkah baik untuk  kemajuan kendaraan bermotor Indonesia,” jelas Takeda dalam sambutannya.

Registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor tercantum di dalam peraturan pemerintah RI No.55 tahun 2012 TENTANG KENDARAAN, dimana setiap kendaraan bermotor harus dilakukan UJI TIPE kendaraan bermotor yang memiliki definisi pengujian yang dilakukan terhadap fisik Kendaraan Bermotor atau penelitian terhadap rancang bangun dan rekayasa Kendaraan Bermotor, Kereta Gandengan atau Kereta Tempelan sebelum Kendaraan Bermotor dibuat dan/atau dirakit dan/atau diimpor secara massal serta Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi. “Dengan adanya uji tipe ini maka setiap pembeli kendaraan berhak mendapatkan Sertifikat Registrasi Uji Tipe,” jelas Dewanto.

Adapun untuk mendukung program pemerintah agar setiap kendaraan bermotor laik jalan, maka Isuzu selalu memastikan produk-produk kendaraannya sendiri telah memiliki Sertifikasi Uji Tipe. Termasuk kendaraan yang menggunakan aplikasi atau body yang dibuat oleh karoseri. “Dimulai dari tahun 2015 Isuzu memiliki program sertifikasi karoseri dimana saat ini Isuzu telah melakukan sertifikasi terhadap 41 karoseri sesuai dengan standard Isuzu dengan jumlah 275 Surat Keputusan Rancang Bangun (SKRB). Sehingga, pelanggan bisa mendapatkan banyak pilihan aplikasi atau body dari karoseri-karoseri terpilih dengan kualitas yang terjaga dan tertib administrasi,” ungkap Attias Asril, GM Marketing IAMI dalam kesempatan serupa.

Eddy Dwinanto Iskandar

 

About admin

Check Also

Wisuda Ketiga ESQ Business School, Mantapkan Langkah Sebagai Sekolah Bisnis Berbasis Karakter Pertama di Indonesia

Jakarta, regional.id-Berbagai krisis multidmensi dewasa ini karena tidak menjadikan pendidikan karakter yang menggabungkan tiga kercerdasan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *