Home / Ragam / STP Trisakti Senantiasa Menjadi Rujukan Pendidikan Mahasiswa Dari Negara Maju
Kampus STP Trisakti (istimewa)

STP Trisakti Senantiasa Menjadi Rujukan Pendidikan Mahasiswa Dari Negara Maju

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti pada tanggal 2 Juni 2019 tepat berulang tahun emas alias berusia 50 tahun. Sejarah panjang yang tertoreh semakin harum dengan kepercayaan yang diraihnya dengan menerima amanat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk mendidik 21 mahasiswa asing dari 18 negara. Adapun negara asal mahasiswa tersebut di antaranya yakni Korea Selatan, China, India, Mexico, dan Brunei Darussalam.  

Para mahasiswa asing tersebut bernaung dalam program Beasiswa Darmasiswa RI 2019. Selama berkuliah di STP Trisakti para mahasiswa tamu itu akan mempelajari Bahasa Indonesia, budaya, dan kesenian Indonesia. “Selain itu juga kami ajak mempelajari berbagai desa wisata yang menjadi binaan kami,” ujar Fetty Asmaniati, Ketua STP Trisakti kepada media massa di kampusnya di Jl. IKPN Bintaro No.1, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Fetty Asmaniati, Ketua STP Trisakti (istimewa).

Fetty, sapaannya, menambahkan, di bulan September akan ada lagi mahasiswa asing yang akan menempuh pendidikan Master Pariwisata  (S-2) di STP Trisakti. “Plus di program regular D-4 terdapat lagi 3 mahasiswa asing yakni dari Korea Selatan, Malaysia dan Jepang,” jelas Fetty.

Keberhasilan STP Trisakti menjadi rujukan pembelajaran mahasiswa asing yang sebagiannya berasal dari negara maju itu bukan tanpa alasan. Sejatinya, sesuai dengan visi dan misi yang dipancangkannya, STP Trisakti memiliki visi menjadi Perguruan Tinggi Pariwisata Berkualitas Global dan Pusat Unggulan (Center of Excellence) Pengembangan Ilmu Pariwisata dan Hospitaliti. “Karena itu kami selalu menerapkan standard internasional dalam kurikulum kami tanpa meninggalkan kearifan lokal Indonesia,” papar Fetty.

Kampus STP Trisakti (istimewa)

Demikian pula para pengajarnya yang kualitasnya telah diakui dunia internasional. Di antaranya Robiatul Adawiyah Dosen STP Trisakti di Program F&B Services yang kerap mendampingi  mahasiswa STP Trisakti di ajang kompetisi hospitaliti internasional. Demikian pula dengan Chairul Salim, dosen Jurusan Perhotelan bidang Pastry STP Trisakti yang kerap menjadi juri dan pelatih nasional di bidang yang diampunya itu.

Berbagai mahasiswa dan unit kegiatan mahasiswa STP Trisakti pun kerap meraih penghargaan nasional dan internasional. Di antaranya Andre Gilitasha, mahasiswa STP Trisakti yang   berhasil meraih dan mempersembahkan medali perak untuk Indonesia pada World Skills Competition ke-44 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 15-20 Oktober 2017.

 

Andre meraih medali perak pada bidang lomba restaurant services, sedangkan medali emas diraih oleh Tatjana Caviezel dari Switzerland dan perunggu oleh Monika Pollabauer dari Austria. Peserta World Skills Abu Dhabi 2017 berasal dari 76 negara dan Indonesia mengikuti 29 bidang lomba yang dilombakan. Sementara di tingkat nasional, Andre terpilih sebagai mahasiswa berprestasi dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2018 karena inovasinya dalam pembuatan produk bir pletok.  

 

Selain prestasi individu, Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Gema Swara Pesona STP Trisakti kerap menjadi langganan kejuaraan paduan suara tingkat internasional. Antara lain 4 kali menjadi juara kompetisi paduan suara di benua Eropa dan terakhir meraih Grand Prix Juara Umum Kompetisi Paduan Suara di Barcelona.

 

Adapun secara institusi, STP Trisakti juga kerap mendapat pengakuan dari dunia internasional. Antara lain saat ini STP Trisakti sedang dalam proses akreditasi oleh Tourism Education Quality (Tedqual) di bawah United Nation World Tourism Organization, Badan PBB Bidang Pariwisata, yang akan memberikan pengakuan STP Trisakti sebagai lembaga pendidikan pariwisata yang akan diakui di tingkat internasional. “Saat ini kami sudah melengkapi berbagai dokumen yang diperlukan dan rencananya di bulan Juli 2019 tim dari Tedqual akan  melakukan visitasi ke STP Trisakti untuk memvalidasi dokumen yang telah dikirimkan tersebut. Kami optimis akan meraih pengakuan yang akan membuat nama STP Trisakti semakin diakui di pentas global,” jelas Fetty optimistis.

Eddy Dwinanto Iskandar

About admin

Check Also

STP Trisakti Kembali Populerkan Destinasi Wisata Baru

Komitmen Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti (STP Trisakti) untuk mengangkat pariwisata Indonesia kembali terbukti. Pasalnya, pada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *