Home / Ekonomi & Bisnis / Ayo, Ikuti Workshop Bisnis Ekspor Agar Pengusaha Muslim Mampu Tembus Pasar Dunia
Suasana Workshop BISNIS EKSPOR KPMI JAKARTA (Foto : Yogi Widianto/KPMI Jakarta)

Ayo, Ikuti Workshop Bisnis Ekspor Agar Pengusaha Muslim Mampu Tembus Pasar Dunia

Jakarta, regional.id-Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca dagang Indonesia pada April defisit US$ 2,5 miliar. Angka ini berasal dari ekspor pada April 2019 sebesar US$ 12,6 miliar dan impor sebesar US$ 15,1 miliar. Ekspor Indonesia pada April 2019 sebesar US$ 12,6 miliar. Angka ini turun 10,80% dibanding Maret 2019 (month to month), sedangkan secara tahunan (year on year/yoy) turun lebih dalam yaitu 13,10%.

Sedangkan impor, tercatat sebesar US$ 15,10 miliar atau turun 12,25% dibandingkan bulan sebelumnya. Jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya pun turun 6,58%. “Dengan menggabungkan ekspor dan impor, terjadi defisit USD 2,50 miliar di April 2019,” kata Kepala BPS Suharyanto dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (15/5/2019).

Angka defisit neraca dagang per April 2019 ini menjadi yang paling besar sepanjang republik ini merdeka atau sepanjang sejarah. Sebelumnya, defisit terdalam terjadi pada Juli 2013 sebesar US$ 2,3 miliar. “Tapi yang surplusnya lebih banyak lagi,” kata Direktur Statistik Distribusi BPS Anggoro Dwitjahyono di kantor pusat BPS, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Dapat diketahui, neraca perdagangan pada bulan Juli 2013 masih tercatat defisit sebesar US$ 2,31 miliar. Sementara secara kumulatif, yaitu Januari-Juli, defisit tercatat sebesar US$ 5,65 miliar. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin saat itu mengatakan angka defisit bulan Juli adalah tertinggi sepanjang sejarah. (finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4551381/april-tekor-lagi-neraca-dagang-ri-terparah-sejak-merdeka/2

Untuk membantu Pemerintah meningkatkan ekspor nasional, maka Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia Chapter Jakarta (KPMI Jakarta) bekerjasama dengan KPMI Export Learning Club (KPMI ELC) Insyaa Allah akan mengadakan “WORKSHOP BISNIS EKSPOR (BATCH 50).

https://jakarta.kpmi.or.id/workshop-ekspor-dan-fiqih-muamalah/

Menurut Yogi Widianto, Ketua KPMI Jakarta, bahwa workshop bisnis ekspor KPMI Jakarta batch ke-50 akan diadakan pada hari / tanggal : Sabtu / 13 Juli 2019, Pukul : 08.30 – 17.00 WIB di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta Timur.

Workshop bisnis ekspor KPMI Jakarta batch ke-50 akan difasilitatori oleh Ir. Nursyamsu Mahyuddin, M.Si, seorang Praktisi bisnis ekspor sejak tahun 1990 hingga sekarang, National Trainer di PPEI (Pusat Pelatihan Ekspor Indonesia) – Kementerian Perdagangan RI, Mengajar pelatihan ekspor di seluruh Indonesia.

sumber foto : womensmuslimcollege.com

Adapun fasilitas yang akan didapatkan peserta workshop ini antara lain materi, Workshop Kit (Notes, Pensil), Gratis Member KPMI ELC (Export Learning Club). Peserta pelatihan ini otomatis akan menjadi member KPMI ELC, GRATIS!! Bergabung bersama puluhan eksportir baru hasil dari pelatihan di KPMI ELC. Dan Konsultasi Gratis setelah pelatihan.

Materi akan dibagi dalam 2 sesi, sesi pertama akan membahas tentang :

# Apa hebatnya bisnis ekspor ?

# Mengenal Negara Tujuan Ekspor Indonesia

# Apa itu ekspor

# Pihak-pihak yg terlibat dalam ekspor

# Siapa yang boleh menjadi eksportir ?

# Barang Ekspor (bebas, dibatasi & dilarang)

Sesi 2

# Apa saja kegiatan dalam ekspor barang

# Dokumen Ekspor

# INCOTERMS 2010 & Ketentuan Harga Ekspor (Ex Works, FOB, CFR, CIF dll)

# Pembayaran ekspor (LC, DP, TT dll) & UCP 600

# HS CODE

# Spesifikasi Produk Ekspor

# Kemasan Produk Ekspor

# Shipment (Pengiriman Barang Ekspor)

# Container Laut dan Udara

Sesi 3

# Mengitung Harga Ekspor

# Komponen Biaya Ekspor

# Sumber Permodalan Ekspor

Sesi 4

# Kendala dalam Bisnis Ekspor

# Tips 10 Langkah Memulai Bisnis Ekspor

# Beberapa Portal Bisnis dalam Menjaring Pembeli

# Link Penting dalam Membantu Bisnis Ekspor

# Link Info Pasar Ekspor

Adapun bersaran Investasi untuk mengikuti Workshop bisnis ekspor KPMI Jakarta batch ke-50 sebesar Rp. 750.000,- + Kode Unik (3 digit terakhir No.HP anda), bagi Anggota KPMI Jakarta yang sudah mempunyai kartu anggota atau KPMI wilayah lain yang sudah mempunyai kartu anggota.

Atau Rp. 750.000,- + Kode Unik (3 digit terakhir No.HP anda), untuk peserta umum (belum mempunyai kartu anggota KPMI), 16 s/d 30 Juni 2019.

Dan Rp. 950.000,- + Kode Unik (3 digit terakhir No.HP anda), untuk peserta umum (belum mempunyai kartu anggota KPMI), 1 – 10 Juli 2019.

Sedangkan terkait Pembatalan >= 7 hari, biaya akan dikembalikan 100%. Dan Pembatalan < 7 hari, biaya tidak dikembalikan (hangus). (KPMI Jakarta/Support/MYNews/regional.id)

About admin

Check Also

Digitalisasi Pengelolaan SDM Dulang Efisiensi Bagi BTN Rp150 Miliar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *