Home / Uncategorized / Ini Upaya Pemerintah Perluas Basis Investor Domestik
Ki-ka: Melanie Putria (Publik Figur), Loto S Ginting (Direktur Surat Utang Negara Kemenkeu RI), Paman Gery (Story Teller) dalam acara peluncuran SBR007 hari ini (11/7) (istimewa).

Ini Upaya Pemerintah Perluas Basis Investor Domestik

Pemerintah terus berupaya memperluas basis investor domestik dengan menerbitkan Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR007. Adapun momen Peluncuran SBR007 ini mengusung semarak peringatan hari anak nasional Indonesia yang jatuh bertepatan pada Bulan Juli. Mengambil tema “Membangun Kemandirian Finansial Sejak Dini dengan Cara Investasi, Demi” #kiniuntuknanti, acara peluncuran SBR007 turut dihadiri para orang tua serta anak-anaknya.

Ki-ka: Melanie Putria (Publik Figur), Loto S Ginting (Direktur Surat Utang Negara Kemenkeu RI), Paman Gery (Story Teller) dalam acara peluncuran SBR007 hari ini (11/7) (istimewa).

Pada kesempatan tersebut, Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan R, Luky Alfirman turut menjelaskan pentingnya menanamkan kesadaran berinvestasi sejak usia dini. “Dengan berinvestasi, seseorang berlatih untuk mengelola keuangannya secara baik dan berdisiplin dalam membelanjakan dananya sesuai rencana alokasinya,” papar Luky pada acara peluncuran SBR007 di Almond Zucchini Cooking Studio, Jalan Prapanca No. 6A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pagi ini (11/07).

Luky Alfirman (Dirjen PPR Kemenkeu RI) (istimewa).

Acara yang dikemas dengan lokakarya interaktif ini sekaligus menjadi peluang bagi orang tua untuk memberi contoh kepada anak-anaknya tentang konsep menabung yang menjadi salah satu nilai untuk pembentukan karakter anak. Acara ini turut menghadirkan Paman Gery pendongeng anak dan Melanie Putria publik figur, pecinta olah raga yang juga seorang Ibu dari anak usia sekolah dasar.

Luky menerangkan, SBR007 merupakan alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan dengan masa penawaran 11-25 Juli 2019. “Dengan tingkat kupon minimal mengambang (floating with floor) sebesar 7,50%, SBR007 memiliki tenor 2 (dua) tahun dengan pemesanan yang terjangkau yaitu minimal Rp 1 juta,” papar Luky.

Adapun proses pemesanan pembelian dapat dilakukan secara online melalui 4 tahap yaitu registrasi, pemesanan, pembayaran, dan konfirmasi. Masyarakat yang berminat untuk berinvestasi di SBR007 dapat melakukan registrasi dengan cara menghubungi 20 Mitra Distribusi (Midis) yang telah ditetapkan melayani pemesanan pembelian secara langsung melalui sistem elektronik  alias layanan online.

Dalam acara peluncuran SBR007 turut hadir perwakilan dari dua puluh Mitra Distribusi (Midis) yang membantu penjualan SBR007 kepada masyarakat. Selain itu terdapat enam Mitra Distribusi (Midis) baru yaitu PT Bank CIMB Niaga, Tbk, PT Bank DBS Indonesia, Tbk, PT Bank HSBC Indonesia, Tbk, PT Bahana Sekuritas, PT Bank OCBC NISP, Tbk, dan PT Bank Panin, Tbk. Dengan demikian, komposisi Midis SBR007 terdiri dari dua belas bank, tiga perusahaan efek, tiga perusahaan efek khusus dan dua perusahaan fintech. Adapun bagi masyarakat yang berminat mengoleksi SBR007 dalam portofolio investasi mereka dapat mencari informasi lebih lanjut pada tautan berikut ini https://www.kemenkeu.go.id/single-page/savings-bond-ritel/.

Eddy Dwinanto Iskandar

About admin

Check Also

Oni Febriarto Rahardjo Ditunjuk Untuk Menjalankan Tugas Direktur Utama BTN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *