Home / Pariwisata / Puluhan Perusahaan Papan Atas Mencari Karyawan di Career Day 2019 STP Trisakti
Ismeth Emier Osman (kedua dari kiri berbatik oranye) dan Yulihan Feeriati (kelima dari kiri- berbaju batik) tengah berbincang dengan partisipan Career Day 2019 (26/9). Foto : Regional.id

Puluhan Perusahaan Papan Atas Mencari Karyawan di Career Day 2019 STP Trisakti

Regional.id-Jakarta,- Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti kembali membuktikan keunggulannya sebagai institusi pencetak sumber daya manusia jempolan di industri pariwisata. Buktinya, Career Day 2019 STP Trisakti yang digelar pada Kamis 26 September kemarin di Auditorium STP Trisakti di kampusnya Jl. IKPN Bintaro, Tanah Kusir, Jakarta Selatan, di sesaki oleh 27 perusahaan terkemuka di industri hospitaliti serta makanan dan minuman (F&B).

Ismeth Emier Osman (kedua dari kiri berbatik oranye) dan Yulihan Feeriati (kelima dari kiri- berbaju batik) tengah berbincang dengan partisipan Career Day 2019 (26/9).
Foto : Regional.id

Tercatat nama-nama besar di industry perhotelan yang berpartisipasi dalam ajang pencarian karyawan tetap dan magang itu di antaranya Marriot Group yang terdiri dari merek hotel bintang 5 seperti JW Marriot, Ritz Carlton, Le Meridien, Hermitage dan lain sebagainya. Ada pula Intercontinental Hotel Group yang meliputi hotel-hotel ternama seperti InterContinental Hotel, Holliday Inn, dan Holliday Inn Express. Agung Sedayu Ritel Indonesia yang mengelola property mall dan apartemen perusahaannya pun turut hadir memperebutkan talent mahasiswa STP Trisakti dan umum yang akan lulus maupun yang tengah mencari perusahaan untuk pelabuhan karir berikutnya. Sementara dari industry makanan dan minuman hadir Bakmi GM, Pancious Tirta, Din Tai Fung, Kawan Lama untuk brand Cha Time. Hadir juga perusahaan cruise line internasional alias kapal pesiar yang mencari SDM unggulan untuk melayani customernya dengan baik seperti Equinoq Bahari Utama dan Holland American Line dan lain sebagainya.

 

Penanggung jawab Kegiatan Career Day 2019, Ismeth Emier Osman menjelaskan, acara Career Day telah dimulai STP Trisakti sejak tahun 1990-an. Dan selalu dipadati oleh perusahaan hospitality dan F&B. Pasalnya, STP Trisakti terbukti menghasilkan SDM yang siap bekerja. “Rata-rata alumni kita yang belum diwisuda sudah diserap industry mencapai 150 orang dari 600 alumni per angkatan per tahun. Lalu 80 persen dari keseluruhan alumni per angkatan diserap pasar dalam waktu 3 bulan sejak lulus. Sisanya memilih jalur wirausaha,” jelas Ismeth yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua STP Trisakti bidang Kerja Sama dan Pemasaran kepada Regional.id di kampus STP Trisakti, kemarin (26/9).

 

Adapun acara Career Day merupakan bukti tanggung jawab STP Trisakti terhadap para mahasiswa dan alumninya. “Kami menjembatani antara mahasiswa dan alumni dengan industri. Pameran ini memberikan kesempatan mahasiswa yang masih aktif studi untuk mencari informasi mengenai tempat praktek kerja industri, maupun para alumni STPT untuk bekerja,” jelas Ismeth.

Suasana Career Day 2019 STP Trisakti (26/9).

Sementara Ketua Panitia Career Day 2019, Yulihan Feeriati menerangkan, setiap perusahaan yang hadir umumnya membuka lebih dari 1 posisi pekerjaan. Jadi tinggal dikalikan saja dengan 27 perusahaan yang hadir. “Ke depan prospek industry pariwisata sendiri sangat bagus. Berbagai property hotel baru akan segera meluncur, ada Langham Hospitality Group, Aloft Simatupang, Park Hyat Kebon Sirih, kapal pesiar, masih banyak lagi,” ujar Yulihan yang menjabat sebagai Koordinator Sistem Penempatan Kerja STP Trisakti.

Alumni STP Trisakti pun banyak diapresiasi di atas upah minimum propinsi. Gaji yang ditawarkan untuk lulusan baru STP Trisakti mencapai antara Rp 5 hingga Rp 7 juta per bulan tergantung posisi dan kualifikasi mahasiswa atau alumni yang bersangkutan. Adapun posisi yang banyak ditawarkan untuk alumni pria adalah di bagian kitchen, sementara untuk wanita adalah bagian front office.

Dari pihak perusahaan peserta Career Day pun mengaku puas dengan kinerja mahasiswa maupun alumni STP Trisakti. Revan HR Voyager Marriot Group mengungkapkan, tahun ini adalah kesekian kali perusahaannya mengikuti Career Day STP Trisakti. “Kami sudah bekerja sama dengan STP Trisakti sejak lama, baik untuk program magang maupun penempatan kerja, karena itu kami ikuti Career Day ini,” ujarnya.

 

Adapun dalam Career Day ini, pencari kerja bisa melamar di Marriot Group melalui aplikasinya di dalam satu website Marriot Group. Meski demikian pihaknya tidak menampik jika ada yang hendak langsung meninggalkan CV-nya di booth Marriot Group. Revan pun mengakui pihaknya memberikan sedikit prioritas khusus bagi pencari kerja yang sebelumnya sudah magang di propertinya. “Karena yang pernah magang sudah tahu sudah tahu culture kami, dan kami juga tahu performa mereka seperti apa, jadi mereka mendapatkan sedikit prioritas. Adapun di Career Day ini kami buka untuk program magang maupun penempatan kerja,” jelas Revan.

 

Yulihan pun menjelaskan bahwa Career Day STP Trisakti selalu kebanjiran peminat perusahaan. Bahkan di tahun ini 5 perusahaan tidak dapat ditampung karena tempatnya sudah penuh. “Kami juga harus memperhatikan kenyamanan peserta perusahaan yang ada. Jadi memang pesertanya dibatasi,” jelas Yulihan.

 

Melihat animo yang ada, ada kemungkinan ke depannya ajang Career  Day digelar dua kali dalam setahun. Bahkan rencananya, pada Februari 2020 akan digelar Career Day khusus untuk penempatan magang kerja dengan periode setahun penuh.  “Targetnya mahasiswa STP Trisakti yang ingin mengambil program praktek kerja, semester enam dan semester delapan,” papar Ismeth.

 

Eddy Dwinanto Iskandar

@bungiskandar

 

About admin

Check Also

Pengamat Militer dan Pertahanan ini Dukung Jenderal Tippe Jadi Menhan

Jakarta, regional.id-Semakin dekatnya jelang pelantikan Presiden terpilih Jokowi-Amin, semakin banyak pula prediksi dan harapan-harapan publik ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *