Home / Ekonomi & Bisnis / Inilah Cara Membuat Karyawan Puas Saat Perdinas
Viko Gara, VP Commercial Airy tengah berbicara dalam sebuah kesempatan (ist)

Inilah Cara Membuat Karyawan Puas Saat Perdinas

 Ary, perusahaan startup bidang Accomodation Network Operator (ANO) nomor 1 di Indonesia, kembali memperkenalkan layanan Airy Business. Sebagai pionir  di Indonesia, layanan unggulan ini memudahkan pengelolaan perjalanan dinas perusahaan dengan sistem pengajuan dan persetujuan berbasis online (daring) serta pelaporan komprehensif secara real time. “Airy Business memberikan efisiensi kepada pengguna karena meringkaskan alur administrasi. Selain itu, Airy Business juga memungkinkan karyawan memiliki kebebasan mengatur perjalanan dinas dan tetap berkesempatan mendapatkan waktu rekreasi, tanpa menyalahi ketentuan perusahaan. Dengan keleluasaan tersebut, karyawan bisa selalu terinspirasi dan termotivasi dalam bekerja sehingga produktivitas pun meningkat dan bisnis perusahaan terus tumbuh,” jelas Viko Gara, VP Commercial Airy dalam keterangannya yang diterima Regional.id hari ini (30/9).

Viko Gara, VP Commercial Airy tengah berbicara dalam sebuah kesempatan (ist)

Sebagai startup teknologi, lanjut Viko, Airy terus berinovasi mengembangkan diri dan menghadirkan solusi perjalanan bagi para traveller, termasuk pengguna perusahaan, serta menguatkan komitmen khusus Airy dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.  Selain menyediakan prosedur terintegrasi secara digital bagi karyawan dan bagian manajemen perusahaan untuk pengelolaan biaya perjalanan, Airy Business juga unggul karena memungkinkan pemesanan moda pesawat serta akomodasi hotel melalui satu channel yang sama. Dari segi pembayaran, Airy Business menawarkan metode yang beragam: mulai transfer bank, kartu kredit, sampai penagihan per bulan ke bagian keuangan perusahaan. “Lebih dari itu, dengan Airy Business, tim manajemen mudah memonitor pengeluaran perjalanan per departemen menggunakan data real time serta pelaporan secara komprehensif sehingga menciptakan transparansi antara karyawan dan perusahaan,” lanjut Viko.

 

Dari segi aksesibilitas, Airy Business mengutamakan kemudahan bagi pengguna perusahaan. Dengan saluran berbasis web, Airy Business bisa dikunjungi tanpa batasan waktu dan tempat. Panel dasbor yang simplistis menyajikan informasi lengkap, antara lain jadwal berbagai penerbangan dan hotel atau akomodasi yang dituju serta berbagai laporan perjalanan. Kepuasan tentunya menjadi prioritas. Untuk memastikan itu, Airy menyertai layanan Airy Business dengan dedicated account manager yang dikhususkan menangani masing-masing pengguna perusahaan. Tim customer service yang bisa dihubungi 24 jam setiap harinya pun siap siaga membantu mengatur kelancaran perjalanan dinas pengguna.

 

Sementara, bagi karyawan yang melakukan perjalanan bisnis atau dinas, keandalan layanan saja tidaklah cukup. Studi “Asian Business Traveller” menyebut bahwa 59% pelaku perjalanan dinas dari Indonesia lebih mementingkan layanan, merek and fasilitas. Fasilitas dan kenyamanan pilihan akomodasi menjadi faktor yang harus diperhatikan, terlebih bila mereka harus tinggal dalam durasi panjang. Kajian “Statistik Wisatawan Nusantara 2018” yang dirilis Badan Pusat Statistik, rata-rata lama perjalanan warga Indonesia untuk tujuan profesi/bisnis, mencapai 6,05 hari.

 

Adapun berdasarkan laporan Asian Business Traveller, lebih dari setengah (56%) karyawan di Asia menganggap perjalanan bisnis merupakan keuntungan tambahan yang didapat dari pekerjaan mereka. Tak ayal, karyawan memiliki kecenderungan untuk memperpanjang perjalanan bisnis mereka hingga akhir pekan – agar bisa berekreasi.

 

Selain itu, penerapan teknologi di suatu perusahaan – salah satunya melalui Airy Business, menjadi elemen kunci dalam mewujudkan konsep employee experience (EX) yang berdampak positif pada produktivitas dan loyalitas karyawan. Hal ini diperkuat dengan temuan “Mercer Talent Trends 2019: Asia” yang mendapati bahwa 94 persen praktisi human resources perusahaan mengakui bahwa penerapan teknologi membantu peningkatan employee experience.

 

Menjawab itu, Airy Business memprioritaskan kenyamanan business traveller dengan menyediakan akses ke berbagai maskapai penerbangan di Indonesia dan beragam akomodasi yang terkurasi dari inventori Airy, mulai kelas budget sampai hotel berbintang 4 dan 5. Untuk meningkatkan ketersediaan akomodasi, Airy Business juga diperkuat oleh lebih dari 2.000 properti mitra Airy yang tersebar di lebih dari 100 kota di seluruh Indonesia. Keseluruhan kamar memenuhi standar Jaminan Kenyamanan Airy yang terdiri dari: air conditioner, televisi, tempat tidur yang bersih, air minum, makanan ringan, perlengkapan dasar mandi, dan air panas.

 

Adapun hingga saat ini Airy Business telah dipercaya oleh lebih dari 200 perusahaan dengan diperkuat akses reservasi ke 9.000 rute penerbangan serta lebih dari 20.000 hotel dan akomodasi di seluruh Indonesia.

 

Eddy Dwinanto Iskandar

@bungiskandar

About admin

Check Also

Digitalisasi Pengelolaan SDM Dulang Efisiensi Bagi BTN Rp150 Miliar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *