Home / Ekonomi & Bisnis / Kini Obligasi Ritel Indonesia dapat Dibeli Secara Online di Pasar Perdana
Suasana Launching ORI016 (Regional.id)

Kini Obligasi Ritel Indonesia dapat Dibeli Secara Online di Pasar Perdana

Di tahun 2019 ini Pemerintah meningkatkan frekuensi penerbitan Surat Berharga Negara ritel dengan penerbitan SUN ritel dan Sukuk ritel secara bergantian di setiap bulan, dengan pengecualian pada bulan Juni dan Desember. Memasuki bulan Oktober 2019, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan kembali melakukan penjualan Surat Berharga Negara (SBN) yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia melalui Mitra Distribusi di Pasar Perdana dengan tingkat kupon tetap yaitu Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI016.

Suasana Launching ORI016 (Regional.id-@bungiskandar)

Peluncuran ORI016, di The Goods Diner, Sudirman Central Business District, Jakarta beberapa waktu lalu ini mengusung tema “Young & Restless”. Acara ini dikemas dalam bincang eksklusif dari tiga entrepreneur muda Indonesia, yaitu Pamitra Wineka (@Tanihub), Dinar Amanda (@Rollover.reaction), dan Fiona Anthonyserta (@Bakepackid). Ketiga narasumber tersebut menjelaskan proses yang mereka lakukan dalam membangun dan memperjuangkan bisnis yang menjadi investasi mereka untuk masa depan.

Direktur Surat Utang Negara Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJJPR) Kementerian Keuangan Loto Srinaita Ginting dalam acara menyampaikan, sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk mempermudah akses masyarakat berinvestasi di SBN ritel,  ORI016 merupakan seri pertama ORI yang diterbitkan secara online melalui sistem e-SBN. “Proses pemesanan pembelian dapat dilakukan melalui 4 tahap yaitu registrasi, pemesanan, pembayaran, dan konfirmasi. Proses registrasi dapat dilakukan kapan saja, sedangkan tiga proses selanjutnya dapat dilakukan selama periode pemesanan yaitu tanggal 2-24 Oktober 2019,” ujarnya.

Lebih lanjut Srinaita menerangkan, ORI016 memberikan tingkat bunga tetap sebesar 6,8% per tahun sampai dengan jatuh tempo pada 15 Oktober 2022. “ORI016 ini sangat menguntungkan karena dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder dan berpotensi memperoleh capital gain dengan pemesanan minimal Rp 1 juta,” papar Srinaita.

Untung Rugi ORI (Regional.id – @bungiskandar)

Masyarakat yang berminat untuk berinvestasi di ORI016 saat ini sudah dapat melakukan registrasi dengan cara menghubungi 23 Mitra Distribusi yang telah ditetapkan melayani pemesanan pembelian secara langsung melalui sistem elektronik atau daring.  Adapun untuk informasi lebih lanjut masyarakat dapat mengklik tautan berikut www.kemenkeu.go.id/ori.

Eddy Dwinanto Iskandar

@bungiskandar

 

About admin

Check Also

Pacu Kinerja di Wilayah Jawa Timur, Bali, NTT dan NTB, Bank BTN Relokasi Kantor Wilayah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *