Home / Ekonomi & Bisnis / Platform Online Review Marketing Tancap Gas di Usia Setahun
Sesi bincang-bincang sebagai bagian dari acara 1st Revunniversary (Istimewa)

Platform Online Review Marketing Tancap Gas di Usia Setahun

Platform online review marketing Revu Indonesia berusia satu tahun pada 10 Oktober 2019 lalu. Revu Indonesia sendiri merupakan bagian dari ​Revu Corporation yang sudah hadir di 6 negara; Korea Selatan sebagai perusahaan induk (2009), lalu Thailand (2016), disusul oleh Indonesia, Vietnam, Taiwan (2018) dan Filipina (2019). Inisiatif Revu Corporation untuk hadir di Indonesia dilandaskan kesuksesan Revu Korea menjadi ​market leaders sebagai patform online review marketing.

Founder Revu Corporation Dae Kyu Chang tengah memberi sambutan di acara 1st Revunniversary di Kemang, (22/10)(regional.id)

Pencapaian ini hadir berkat sinergi antara reviewer yang mengulas produk atau servis dari ragam ​brand secara otentik. Output review otentik yang dipublikasikan melalui blog maupun media sosial mampu meningkatkan ​awareness bahkan penjualan dari klien Revu Korea.  “Sinergi ini tercipta karena Revu berhasil menjawab kebutuhan ​brand untuk penetrasi ke komunitas dari target pasar mereka secara ​online. Reviewer kami merupakan ​influencer yang dipercaya oleh pengikutnya. Setiap postingan ​review memberikan pembahasan menyeluruh. Tidak hanya ​sponsored content yang menyentuh kelebihan produk atau servis secara singkat,” ungkap Dae Kyu Chang selaku Founder & CEO​ ​dari Revu Corporation yang merupakan warga Korsel.

Revu Korea Selatan sendiri saat ini telah memiliki lebih dari 500.000 Reviewer dengan total ​campaign review di atas 250.000 dan lebih dari 2 juta konten ​review yang telah diposting. Statistik ini tercapai berkat kepuasan klien Revu Korea dalam menggunakan jasa Revu. Hadirnya konten​review otentik dapat menciptakan percakapan yang positif di kalangan komunitas target pasar klien Revu Korea.

Sesi bincang-bincang manajemen dan klien dari Revu Indonesia sebagai bagian dari acara 1st Revunniversary (Istimewa)

Chang pun menilai sudah saatnya Revu memasuki pasar Indonesia yang memiliki potensi  sangat tinggi. Berdasarkan data yang diterbitkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), terdapat 171,17 Juta pengguna internet di Indonesia. Ditambah dengan  statistik ​socialbakers ​ yang menyebutkan bahwa secara global, hampir 45% ​brand akan mengadopsi ​influencer ​marketing sebagai metode utama pemasaran.

Selama satu tahun terakhir Revu Indonesia berhasil menjalin kerja sama dengan lebih dari   15.000 reviewers, 50 klien dan 150 campaign yang menghasilkan 1.500 reviews. Hingga saat ini, Revu Indonesia berhasil menjalin hubungan profesional nan positif dengan ​reviewer ​ atau yang disebut dengan istilah Revurian​. “Masih sangat dini untuk menilai performa Revu Indonesia secara kuantitatif yang menyeluruh. Saat ini kami merupakan perusahaan dengan ​niche​ baru di Indonesia. Pola Key Opinion Leaders (KOL)-Marketing di Indonesia masih terfokus pada jumlah followers ​influencerv. Seharusnya engagement rate otentik yang tinggi menjadi fokus, dan ini bisa ditemukan pada metode review marketing di Revu,” ujar Jimmy Lin yang merupakan Managing Director Revu  Indonesia.

Jimmy melanjutkan, bersama Revu Indonesia ragam unit usaha mampu memasarkan produk / servisnya secara otentik. Maksud dari otentik ini adalah, konten review menyeluruh dari reviewer yang memang sudah mencoba produk / servis tersebut dengan skala normal seperti pembeli pada umumnya. Sehingga konten pemasaran produk / servis yang disampaikan menjadi terpercaya.

Rangkaian konten review otentik ini akan diaplikasikan untuk meraih sinergi yang menguntungkan antara ​brand dan reviewer. “Revu Indonesia ingin memberikan warna baru bagi dunia ​influencer ​ marketing di Indonesia, warna yang terfokus terhadap kualitas,           engagement dan orisinalitas,” tambah Jimmy.

Dalam kesempatan yang sama, usai acara jumpa pers, Revu ​ mengundang 25 Revurian wanita yang memang memiliki portofolio performa ​review  bagus. Seluruh Revurian yang hadir akan menikmati acara utama yaitu ​make-up workshop secara gratis. Aktivitas ini hadir berkat dukungan dari Hello Beauty (Platform Jasa ​Make Up Artist Online) serta Simplysiti Indonesia (​Beauty Products brand).

Aktivitas ini selaras dengan fakta bahwa ​campaign di Revu Indonesia didominasi oleh ​brand dari produk kecantikan. Revurian yang hadir turut akan diberikan edukasi singkat mengenai investasi kesehatan. Materi ini sangat penting mengingat banyak Revurian menjadikan reviewer sebagai mata pencaharian. Asuransi Super You dari Sequis Online akan menjadi kontributor utama dalam aktivitas ini. “Ulang tahun perdana ini menjadi motivasi baru bagi Revu Indonesia untuk terus berkembang. Kemunculan profesi ​reviewer serta kebutuhan brand akan konten pemasaran yang otentik dan terpercaya, memberikan Revu Indonesia kesempatan untuk hadir dengan solusi yang relevan dan berdampak positif bagi ​brand,” tegas Jimmy.

 

Eddy Dwinanto Iskandar

@bungiskandar

About admin

Check Also

Pacu Kinerja di Wilayah Jawa Timur, Bali, NTT dan NTB, Bank BTN Relokasi Kantor Wilayah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *