Home / Ekonomi & Bisnis / Teknisi Indonesia Juarai Kontes Mekanik Dunia Mengalahkan Pesaing dari Puluhan Negara
Tim teknisi IAMI menjuarai kontes mekanik Isuzu tingkat dunia (ist)

Teknisi Indonesia Juarai Kontes Mekanik Dunia Mengalahkan Pesaing dari Puluhan Negara

Kualitas SDM Indonesia sudah tak diragukan lagi dalam berkompetisi dengan talenta dari mancanegara. Hal itu dibuktikan oleh tim teknisi dari Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) yang sukses menjuarai ajang The 14th Isuzu World Technical Competition (I-1 GRAND PRIX) untuk unit commercial Vehicle, yang telah diadakan pada tanggal 29-30 Oktober 2019 kemarin, di Isuzu Manufacturing Service Training Centre (MSTC), Fujisawa-shi, Kanagawa, Jepang. Pada ajang ITSC tahun ini, Isuzu berhasil menjuarai dua kategori yaitu, Juara 3 untuk Team Competition, dan Juara I untuk Individual Competition.

Tim teknisi IAMI menjuarai kontes mekanik Isuzu tingkat dunia (ist)

Kompetisi ITSC yang ke-14 ini diikuti oleh 32 negara, yang dibagi menjadi 2 kategori negara; yaitu kategori A untuk Negara maju dengan standar emisi EURO 4 ke atas, dan kategori B untuk Negara Berkembang dengan standar emisi EURO 3 ke bawah. Dari pembagian Kategori ini Isuzu Indonesia masuk ke dalam kategori B. Adapun Peserta Isuzu Indonesia yang ikut berlomba di ITSC ke 14 ini adalah Iski Nur Fajarudin, technician dari Astra Isuzu Solo, Dita Aditya Sumarno technician, dari Astra Isuzu Cirebon dan Arief Budiman selaku coach dari Isuzu Astra Motor Indonesia

Pada ITSC tahun ini, untuk kategori B yang dikompetisikan adalah pertama, Team Competition, dimana kompetisi tim ini terdiri dari 2 teknisi dan 1 coach. Dalam kompetisi ini mereka harus mengerjakan berbagai aspek seperti simulasi penanganan keluhan pelanggan, dengan melakukan analisa trouble shooting pada kendaraan Isuzu dengan menggunakan Isuzu scan tool yaitu Global Isuzu Diagnostic Service System (GIDSS). Total waktu pengerjaan yang disediakan yaitu 35 menit yang terdiri dari 10 menit strategy time dan 25 menit kompetisi.  Dalam kompetisi ini yang dinilai adalah tes teori 40% dan praktek kendaraan 60%.

Teknisi IAMI sukses juarai kontes mekanik Isuzu global (ist)

Adapun jumlah peserta yang berkompetisi di kategori B ini terdiri dari 22 team perwakilan dari 22 negara. PT Isuzu Astra Motor Indonesia dalam lomba ini mendapatkan nilai 181 dan meraih juara 3, Juara 2 diraih oleh JSC ‘Isuzu Rus’ dari Russia dengan nilai 182, dan Juara I diraih oleh Isuzu Vietnam CO.LTD  dari Vietnam dengan nilai 196.

 

Sementara pada kategori Individual Competition, kompetisinya diikuti secara individu. Dalam kompetisi ini teknisi harus menyelesaikan simulasi pekerjaan pemeriksaan cepat alias quick inspection pada kendaraan Isuzu dengan tujuan memberikan rekomendasi order pekerjaan. Teknisi harus menyelesaikan dengan waktu pengerjaan 20 menit. Waktu tersebut dibagi lagi menjadi 3 menit strategi dan 17 menit kompetisi. Dan untuk kriteria penilaian di kompetisi ini, yaitu tes teori 40% dan praktik kendaraan 60%.

Pada kompetisi individual ini, yang berpartisipasi ada 64 mekanik dari 32 negara. Isuzu Indonesia, yang diwakili oleh Iski Nur Fajarudin (Isuzu Astra Motor Indonesia) mampu mengalahkan 64 mekanik tersebut dengan meraih juara 1, sedangkan juara 2 diraih oleh Josiah Carr perwakilan dari Isuzu Commercial Truck of Amerika INC (USA), dan disusul juara 3 oleh Takahiro Ishimaru dari Isuzu Motor Chugokushikokun Limited Jepang. “Kemenangan tim Mekanik Isuzu Indonesia ini membuktikan bahwa Isuzu Indonesia terus menerus berupaya memberikan pelayanan terbaik dalam hal After Sales Service, serta didukung oleh mekanik- mekanik yang handal, memiliki kualitas yang diakui oleh internasional, dan fokus kepada kebutuhan customer dalam perjalanan bisnis customer,’’ ujar Ernando Demily selaku President Director IAMI.

Kompetisi ITSC yang diadakan setiap tahun ini juga merupakan salah satu bukti bahwa keandalan mekanik – mekanik Isuzu Indonesia sudah diakui di tingkat Internasional. “Terbukti dengan diraihnya peringkat pertama dalam I-1 Grand Prix Isuzu World Technical Competition selama 5 tahun berturut – turut,” jelas Ernando.

Eddy Dwinanto Iskandar

@bungiskandar

About admin

Check Also

Pacu Kinerja di Wilayah Jawa Timur, Bali, NTT dan NTB, Bank BTN Relokasi Kantor Wilayah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *