Home / Ekonomi & Bisnis / Genpro Kota Bekasi Dorong Anggota Scale Up Kapasitas Usahanya
Peserta Training "Scale Up Your Business" yang diadakan oleh Genpro Kota Bekasi yang bertekad meningkatkan kapasitas bisnis untuk kebaikan dan perkembangan ekonomi Indonesia

Genpro Kota Bekasi Dorong Anggota Scale Up Kapasitas Usahanya

Jakarta, regional.di-Mengambil tema Training berjudul “SCALE UP YOUR BUSSINESS” Genpro Kota Bekasi kembali mengadakan kegiatan yang bernuansa pembinaan bisnis dan peningkatan kualitas usaha para anggotanya.

Menurut Ketua Panitia penyelenggara Training ini, Ujang Kurniawan menyatakan bahwa Acara kelas scale up your bussiness ini diselenggarakan oleh Genpro Chapter Kota Bekasi berangkat dari rasa kepedulian yang tinggi dan harapan agar anggota Genpro kota Bekasi dapat meningkatkan usaha mereka dan menaikan Kelas bisnisnya secara terukur, terencana dan sistematis.

“Dari pelatihan ini kami berharap usaha anggota Genpro Chapter Kota Bekasi bisa berkembang, naik kelas, dan maju serta mampu mensejahterakan pemiliknya, yaitu UMKM Genpro secara individu dan meningkatkan rasio enterpreneur di Indonesia secara terencana,” katanya kepada tim media di sela acara berlangsung

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Presiden Chapter Genpro Kota Bekasi, Mohamad Romli. Dalam sambutannya, ia mengucapkan ungkapan terimakasih pada peserta dan panitia, dan acara Seminar “Scale Up Your Business” ini akan selalu diselenggarakan untuk menambah knowlage enterpreneurhip dari para anggota Genpro Chapter Bekasi.

Secara organisasi, imbuhnya, Genpro sudah berubah dalam keorganisasian lebih simple dan efektif. “Dengan menitik beratkan pertumbuhan usaha anggota, kenaikan transaksi bisnis anggota, dan durabilitas usaha anggota, serta mampu melakukan ekspansi usaha yang terukur, menguntungkan dan menjadi bagian penting dalam menebar asas manfaat untuk ummat harus mampu diwujudkan,” katanya.

Tak heran, kata Romli, jika Genpro Chapter Kota Bekasi saat ini mengusung tagline “Great Bussiness, Great Nation, 200Milyard”. “Secara kostum pun punya makna, makna warna merah pada uniform adalah Berani, dan Bintang 5 dimaknai dengan arti Profesional,” katanya.

Selain itu, acara talkshow dan seminar “Scale Up Your Business” ini juga dihadiri oleh Owner Sabana Fried Chicken, H. Syamsalis sharing tentang success story Sabana Fried Chicken. Bagaimana usaha yang dijalaninya itu bisa sukses dan mampu sustain sampai saat ini.

“Untuk memulai usaha harus diniatkan untuk Ibadah, berjuang dijalan Allah dan memberi manfaat untuk orang banyak. Sabana hadir dengan menyajikan makanan yang Halal, Higenis, dan Bergizi. Jangan melakukan ibadah setelah usaha kita tidak berjalan, baru kita melakukan sumbangan ke yatim, orang miskin, tetapi niatkan dari awal bahwa usaha ini untuk kemaslahatan ummat, agar Allah bimbing kita setiap kali ujian atau kesulitan usaha itu ada, insya Allah ada solusinya,” katanya.

Beliau juga menyatakan bahwa jangan menganggap pesaing itu musuh, bahkan beliau menilai dengan adanya persaingan, kita akan terus belajar mengembangkan usaha kita.

Mentor Genpro yang juga BNSP certified Coach, yang akrab disapa Coach Aris Permana ST.MKom menyatakan bahwa ada beberapa indicator sebuah usaha dapat dikatakan naik kelas. “ salah satunya, usaha menjadi formal, Penjualan dan asset meningkat, jumlah pelanggan bertambah, kualitas SDM meningkat, dana yang di akses dari perbankan juga meningkat,” katanya.

Selain itu, secara psikologis, kondisi kejiwaan yang stabil juga dapat menentukan kesuksesan dalam berbisnis dan memuluskan langkah untuk menjadikan kita sebagai pengusaha yang mampu dan pantas naik kelas.

Kemudian, pemateri ke-2 yang juga menjabat sebagai Direktur keuangan Micro Syariah, yang akrab disapa Kang Iwan Setiawan MM, beliau menuturkan bahwa Rasulullah Muhammad SAW adalah contoh seorang enterpreneur yang sukses, dan sebagai Tauladan terbaik dari semua sisi kehidupan.

Sejarah Rasullullah sebagai enterpreneur tidak lepas dari peran Pamannya tercintanya, Abu Thalib, saat Rasulullah menginjak usia 8 tahun, Beliau ditinggal oleh kakeknya.

Pada usia 12 sampai dengan 17 tahun telah menjadi enterpreneur dengan berdagang sampai ke manca negara. Pada usia 25 tahun telah menjadi pengusaha yang Sukses.

Karena itu, Islam sangat menganjurkan perdagangan, dan Rasul pun pernah berwasiat, “Berdaganglah engkau, karena sembilan dari sepuluh pintu Rezeki ada dalam perdagangan,” katanya. Bahkan dalam salah satu hadistnya, Rasulullah SAW bersabda bahwa 9 dari 10 sahabat Nabi yang dijamin masuk surga adalah para pebisnis yang sholih.

“Karena itu, segeralah merubah Mindset Bisnis kita. Berbisnis adalah kewajiban dan sunah. Muslim yang kuat lebih disukai daripada muslim yang lemah. Sebaik baik harta adalah harta yang barokah dan dikuasai oleh orang yang sholih, karena itu, menjadi pengusaha sukses itu hukumnya wajib karena penuh dengan nilai-nilai profetik,” katanya.

Acara Seminar “Scale Up Your Business” ini juga dihadiri oleh 38 peserta dan dibantu oleh segenap jajaran Ganpro Chapter Kota Bekasi, khususnya tim General Affair Genpro Kota Bekasi, saudara Mukhtar Pandu, dan Jimmy, serta semua pengurus dari bidang-bidang Genpro Kota Bekasi.

Suasana training semakin bermakna dengan indikasi peserta yang antusias mengikuti jalannya acara, terkait dengan penyajian acara yag menarik, interaktif dan praktis sesuai dengan apa yang dialami oleh para peserta. Apalagi dengan aksi kocak sang moderator, Priyalinov, yang mengocok perut peserta. Ditambah dengan aneka doorprize menarik dari sponsor seperti bingkai foto ekslusif dan donat Genduy, menambah suasana training semakin menarik dan bermakna.

About admin

Check Also

BTN: Stimulus Sektor Property Dukung Peningkatan PDB Indonesia

REGIONAL.ID, Jakarta-Menapaki tiga bulan terakhir menuju penghujung tahun 2020, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *