Home / Ekonomi & Bisnis / Startup Indonesia Siap Sulap Hotel Biasa Jadi Smart
(ist)

Startup Indonesia Siap Sulap Hotel Biasa Jadi Smart

Dimulainya fase Normal Baru (new normal) terkait pandemik Covid 19, telah mengubah perilaku dan aktivitas di segala bidang. Sebagai salah satu sektor yang terdampak, bisnis perhotelan tengah beradaptasi dan mencari solusi menyongsong pola interaksi sosial baru.

Merespon tantangan sekaligus mendukung pemulihan (recovery) industri pariwisata, PT APLIKASI PINTAR INDONESIA memperkenalkan DIGITELS, startup layanan akomodasi berbasis teknologi dengan ekosistem digital 4.0 secara menyeluruh.

(ist)

Digitels berangkat dari gagasan mengintegrasikan rangkaian layanan akomodasi dengan aplikasi yang mudah diimplementasikan pada fasilitas yang diinginkan. Inovasi karya anak bangsa ini menjadi startup pertama di dunia yang dapat mengubah sebuah hotel biasa menjadi smart hotel lengkap dengan aplikasi (B2B & B2C).
“Kunci keunggulan Digitels terletak pada teknologi ‘smart digitels brain’ yang dapat diimplementasikan pada hotel, melalui system yang terhubung, berjalan dan digunakan melalui aplikasi,” demikian pernyataan founder Digitels, Bapak Tiandy, seiring peluncuran website www.digitels.com.

Tiandy melanjutkan, Digitels akan membawa perubahan revolusioner pada sektor perhotelan, baik dari segi biaya operasional, efisiensi layanan, standar kesehatan dan keamanan, serta peningkatan GOP (Gross Operating Profit). Dengan SHC (smart hotel conversion), Digitels E-system dapat mengubah Hotel, Apartemen, Condotel, Perkantoran dan Rumah Pribadi menjadi ekosistem pintar 4.0 berbasis IOT (internet of things). Pemasangan E-system ini sangat mudah dan praktis dan pemilik tidak perlu mengganti peralatan, furnitur atau piranti yang sudah ada. Semua langsung aktif setelah terhubungkan dengan “digitels brain”.

Digitels akan membantu pemilik hotel untuk menurunkan biaya operasional, efisiensi staf (25-40% dari total karyawan), menggantikan sepenuhnya kunci/kartu, penghematan energi, waktu dan operasional, yang kesemuanya akan berkontribusi 10-30% pada pendapatan.
· Rasio ideal perbandingan Staf: Room.
· Meninggalkan model akses konvensional kunci ataupun kartu.
· Penghematan energi secara signifikan.
· Mengurangi faktor human error, secara operasional-administratif.
· Smart Receptionist menghemat waktu check-in hingga 80%. Juga dilengkapi cek temperatur tubuh dengan AI yang terhubung ke server.

Sistem pengoperasian Digitels juga didukung fasilitas Big Data yang akan membantu manajemen menghemat budget secara signifikan. Dengan win win solution Digitels akan menyediakan database solid untuk setiap pemilik hotel (1 hotel 1 database) beserta supporting system diantaranya:
– 4.0 Smart Booking Channel Manager (dimana channel system konvensional yang saat ini tersedia di pasaran akan menyita 1-5 % dari Total Revenue).
– Smart Housekeeping System, Smart Check IN/OUT System dan Smart Reservation System.
– Point of Sales (POS) System.
– Accounting and Finance System (mencakup Daily Sales Report, Online Inventory Movement & Cost Control)
– Restaurant Management System yang terkoneksi dengan E-kiosk, Marketing, Ordering System, Inventory Monitoring dll yang akan mempermudah operasional F&B.

Untuk aktivitas transaksi dan pembayaran, Digitels memiliki E- Wallet yang telah terkoneksi dengan payment gateway resmi seperti GoPay, OVO, Dana, dan online virtual banking di Indonesia.
Sementara untuk reservasi dan pemesanan, Digitels telah menjalin kerjasama dengan Online Travel Agents (OTA) seperti Agoda, Airbnb, Traveloka, Pegi-Pegi, Tiket.com, dll.

Ekosistem Digital 4.0 Sebagai Solusi Tatanan Baru

Ekosistem digital 4.0 akan memberikan keleluasaan, kenyamanan serta pengalaman berbeda bagi tamu selama di hotel. Dengan teknologi dan system yang terintegrasi, aktivitas layanan hotel dapat berjalan contactless (tanpa kontak/sentuhan). Dengan aplikasi Digitels (yang tersedia dalam versi iOS dan Android), tamu dapat memperoleh akses sejak melakukan pemesanan (secara online), verifikasi kedatangan, bermalam hingga meninggalkan hotel (departure).

Digitels akan menjadi Investasi Cerdas untuk Smart Hotel Sesungguhnya.

Digitels diaku Tiandy siap mengkonversi Hotel Bintang 1-3 menjadi smart hotel dengan system plus backend. Selanjutnya Digitels juga menyiapkan SHC package untuk mengkonversi hotel Bintang 5.
“Setelah pemasangan “smart digitels brain”, setiap fasilitas kamar akan beroperasi dengan IOT system mulai dari akses pintu dengan APP, Face recognition, scan QR code, fasilitas pendingin ruangan, lampu, televisi, audio, dan tirai. Fitur EMS (energy management system) menjalankan otomatisasi on/off saat tamu sedang tidak berada di ruangan (diperkirakan dapat menghemat cost hingga 80 $dollar/room),” urai Tiandy.

Digitels SHC, smart hotel dengan system aplikasi plus backend management yang mendukung contactless sesuai dengan new normal hygine hotel. “Kami berkomitmen mewujudkan visi demi mendukung pemulihan sektor pariwisata khususnya bidang perhotelan di Tanah Air. Sebagai langkah awal, di bulan ini Digitels telah mencapai MoU untuk peluncuran franchise smart hotel perdana yakni Podsotel (4.0 business class pods capsule) di Jakarta (Pantai Indah Kapuk) dan Bali (Legian),” tutup Tiandy.

Redaksi

About admin

Check Also

Sukses BAP Mendulang Cuan dari Minyak Jelantah

Mungkin tidak ada yang menyangka, minyak jelantah, alias limbah minyak goreng kelapa sawit bisa menjadi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *