Home / Ekonomi & Bisnis / Kado Ulang Tahun Cucu Habibie untuk Ibu-ibu se-Indonesia
Putri Habibie Luncurkan Buku Kumpulan Resep (ist).

Kado Ulang Tahun Cucu Habibie untuk Ibu-ibu se-Indonesia

Pendiri kelas memasak privat LadyBake Cooking Class, Putri Habibie, telah meluncurkan buku terbarunya, yang merupakan hasil kolaborasi dengan 83 orang ibu Indonesia dari #TEAMRECOOKPUTRI pada hari ini 18 Desember 2020 melalui platform Zoom. Melalui buku yang berjudul “Kumpulan Resep: #TeamRecookPutri” ini, Putri yang notabene cucu dari alm. Junus Effendi Habibie, adik mantan Presiden RI, alm. BJ Habibie itu, ingin mendorong para ibu rumah tangga dan UMKM Indonesia untuk berkreasi bisnis rumahan di tengah-tengah keadaan pandemi COVID-19.  Dalam paparannya Putri mengungkapkan, buku dalam format digital (e-book) ini sejak awal ditujukan sebagai ungkapan terima kasihnya kepada anggota komunitas #TEAMRECOOKPUTRI yang suportif dan penuh semangat positif. #TEAMRECOOKPUTRI sendiri merupakan nama untuk komunitas daring yang ia bangun.

Putri Habibie Luncurkan Buku Kumpulan Resep (ist).

Penulis buku “My Little Home Cook” ini merasa sangat terinspirasi oleh ibu-ibu Indonesia yang memiliki multiperan dalam keseharian mereka.  “Tahun ini aku punya kejutan untuk teman-teman di hari ulang tahunku, dengan membagikan ratusan resep dari ibu-ibu Indonesia untuk para ibu Indonesia lainnya. Biasanya aku menerima kado dari teman-teman, kali ini izinkan aku yang membalas kebaikan kalian,” ucap Putri.

 

Misi Putri untuk mendorong para ibu rumah tangga dan pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk berkreasi bukan tanpa alasan.  Merujuk pada data milik Kementerian Koperasi dan UKM tentang Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Besar di Indonesia, sepanjang tahun 2014-2018, dari total usaha yang berjumlah 64 juta unit usaha, sebanyak 99,99% usaha di negara ini adalah UMKM. Dari jumlah tersebut, lebih dari 50% usaha mikro dan kecil dimiliki oleh perempuan, berdasarkan survei dari Bank Dunia pada tahun 2016.

Virtual Press Conference Peluncuran Buku Kumpulan Resep Putri Habibie (ist)

Di tengah pandemi COVID-19, perempuan yang belum pernah memiliki usaha, dapat memulainya dengan langkah kecil, melalui bisnis rumahan. Buku digital “Kumpulan Resep: #TeamRecookPutri” menyajikan variasi resep yang dapat menjadi ide dan inspirasi bagi para ibu Indonesia. Dari kolaborasi bersama komunitas #TEAMRECOOKPUTRI inilah, terpilih 83 orang ibu Indonesia yang membagikan resep mereka di buku ini. Putri juga turut membagikan tiga resep andalannya, berupa macaroni cheese, fried chicken kriwil, dan easy mango drink.

Putri menyampaikan harapannya akan lahirnya pemilik-pemilik UMKM baru dan membantu mendorong kreasi UMKM Indonesia, yang memasak ulang resep-resep dari buku “Kumpulan Resep: #TeamRecookPutri”. Tidak hanya memasak ulang, namun juga membangun usaha rumahan dengan berjualan makanan menggunakan resep dari buku tersebut. “Aku optimistis para perempuan, terutama ibu rumah tangga, dapat mulai berjualan secepat mungkin setelah praktik memasak ulang resep makanan yang ada di dalam buku ini. Resep-resep yang kubagikan terpilih karena mudah—dari bahan yang diperlukan hingga cara memasaknya,” ujar Putri.

 

Kabar baiknya, e-book kumpulan resep ini dapat diunduh secara gratis di situs resmi Putri, putrihabibie.com, mulai 18 Desember 2020. Sepanjang bulan Desember 2020, seiring dengan peluncuran buku terbarunya, Putri akan mengadakan penggalangan dana yang akan disalurkan kepada ibu rumah tangga anggota Koperasi Kasih Indonesia (KKI). Kegiatan ini akan dilakukan lewat kampanye #BisaUsaha bersama platform penggalangan dana dan donasi secara daring, Kitabisa.com.

 

Ketua KKI Leonardo Kamilius menyatakan kebahagiaannya atas inisiatif penggalangan dana yang dilakukan Putri. “Di tengah masa sulit seperti ini, donasi dari orang baik akan mampu meringankan banyak beban para ibu rumah tangga anggota Koperasi Kasih Indonesia (KKI). Terima kasih Putri sudah memilih KKI sebagai tujuan penerima donasi. Mari, berdonasi untuk senyum ibu-ibu KKI!” ucap Leonardo.

 

Menutup tahun 2020 dengan peluncuran buku menjadi gerbang dimulainya rencana roadshow Putri pada tahun 2021 yang akan berfokus pada pembangunan dan pendampingan keterampilan memasak, berbisnis, dan sosialisasi nutrisi keluarga untuk para ibu Indonesia. Rencana ini selaras dengan impian Putri untuk bisa turut berperan dalam pembangunan bangsa Indonesia.

 

Putri Habibie sendiri percaya bahwa kemampuan memasak dapat berpengaruh pada kesehatan jangka panjang bagi orang yang mampu memasak makanan mereka sendiri, dibanding membeli makanan yang sudah jadi. Dengan pemahaman tentang kemampuan dasar memasak, seseorang dapat memiliki penilaian yang lebih baik terkait pilihan makanan yang dikonsumsi. Putri menemukan kesimpulan ini saat melakukan riset untuk studi masternya di BINUS Business School. Putri mendirikan dan mengelola kelas memasak privat LadyBake Cooking Class sejak 2014. Keberadaan Putri di media sosial sangat kuat, ditandai dengan 253.000 pengikut di Instagram dan 18.100 subscribers di YouTube.

Redaksi

About admin

Check Also

Rumah Sehat Jadi Tren Selama Pandemi

REGIONAL.ID, Jakarta – Pandemi Covid-19 memicu kegiatan bekerja dari rumah (work from home/WFH) dan sekolah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *