Home / Ekonomi & Bisnis / Mbiz Fasilitasi UMKM untuk Go Digital dan Raih Besarnya Peluang Bisnis dari Transaksi untuk Procurement
Andik Duana Putra, Chief Commercial Officer (CCO) Mbiz. Foto : Istimewa

Mbiz Fasilitasi UMKM untuk Go Digital dan Raih Besarnya Peluang Bisnis dari Transaksi untuk Procurement

Bandung, regional.id-Mbiz, pionir di bidang solusi total e-procurement di Indonesia, mendukung para pelaku UMKM di Indonesia, termasuk UMKM di Jawa Barat, untuk terus meningkatkan kapabilitas dan produktivitas bisnisnya dengan membidik potensi besar yang ditawarkan oleh kegiatan pengadaan barang dan jasa secara elektronik atau e-procurement.

Sebagai bentuk nyata dari dukungan tersebut, Mbiz sejak April 2019 telah membangun sebuah platform marketplace B2B pertama di Indonesia yang telah terintegrasi dengan solusi total e-procurement bernama Mbizmarket (www.mbizmarket.co.id).

Selain didesain sebagai platform yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM untuk memasarkan produk serta jasanya dalam kuantitas yang tidak terbatas, Mbizmarket juga dibangun untuk dapat memfasilitasi UMKM dalam melakukan transformasi digital yang selama ini sering terkendala karena faktor besarnya biaya dan penguasaan teknologi.

“Dari analisa Mbiz, tren kebutuhan perusahaan-perusahaan berskala enterprise maupun startup menunjukkan peningkatan pada kebutuhan pengadaan jasa serta produk-produk terkustomisasi yang diperlukan untuk mendukung aktivitas pemasaran, edukasi pasar, maupun branding. Persentase perbandingan dengan pengadaan kebutuhan operasional bisnis lainnya bahkan mencapai 80% dibanding 20%. Ini adalah peluang besar yang dapat dikapitalisasi oleh UMKM untuk makin mengembangkan bisnisnya, memperluas pasar, dan meningkatkan produksinya,” ulas Andik Duana Putra, Chief Commercial Officer (CCO) Mbiz.

Terkait dengan mulai menguatnya kebijakan enterprise untuk melakukan setiap aktivitas bisnis yang transparan dan akuntabel sehingga untuk penyelenggaraan pengadaan barang dan jasa pun harus melalui proses e-procurement, Andik menjelaskan bahwa Mbiz menjadikan Mbizmarket sebagai solusi bagi UMKM dalam menjawab tantangan ini. Mbizmarket dengan fitur-fitur pendukung proses e-procurement seperti Budget Control, Spending Report & Analytics, Order & Fulfilment tracking, serta digital approval dapat dimanfaatkan secara gratis oleh UMKM.

“Fitur-fitur yang tersedia menjadikan semua transaksi melalui Mbizmarket akan tercatat dan 100% dapat diaudit. Ini adalah bentuk keseriusan kami dalam mengedukasi UMKM agar mereka dapat terus naik kelas dengan memiliki tata kelola bisnis yang kompeten,” tutur Andik. “Selaras dengan tekad pemerintah provinsi Jawa Barat untuk menjadikan 5.000 UMKM naik kelas pada tahun ini, Mbizmarket siap menjadi solusi dan fasilitator bagi UMKM di Jawa Barat dalam menjawab tantangan peningkatan produktivitas dan omzet, serta digitalisasi.”

Mbizmarket terbuka bagi UMKM dari beragam jenis usaha, dari pengadaan produk-produk IT, perlengkapan kantor, jasa alihdaya SDM (seperti penyediaan tenaga keamanan, tenaga spesialis, customer service, SPG, hingga petugas kebersihan), jasa event organizer, jasa pemeliharaan gedung/kantor, rental kendaraan, jasa pemasangan iklan, pengadaan bahan-bahan kimia, hingga pengadaan barang dan jasa yang bersifat kustomisasi.(MYNN/regional.id)

About admin

Check Also

LANXESS Berencana Meningkatkan Kapasitas Oxone Monopersulfate – Bahan Aktif Utama untuk Disinfektan

REGIONAL.ID-Permintaan disinfektan yang semakin besar membuat perusahaan bahan kimia khusus LANXESS berencana untuk meningkatkan kapasitas ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *